Lokomotif Anyar, Wajah Baru HMI Cabang Jember - Analisis - www.indonesiana.id
x

Andik Setyawan (PB)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Lokomotif Anyar, Wajah Baru HMI Cabang Jember

    Konfersensi cabang ke 38

    Dibaca : 3.713 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jember – Berakhirnya Konfercab ke - 38 (Konferensi Cabang) Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jember melahirkan sosok baru sebagai formatur terpilih.  Terpilihnya Farizul (Asal Komisariat TP) menjadi harapan baru bagi keberlangsungan HMI Cabang Jember. Konfercab yang berlangsung di Gedung Yabina tersebut dihadiri oleh seluruh perwakilan dari 15 komisariat selingkungan HMI cabang Jember, termasuk diantaranya adalah dari Situbondo, Lumajang dan Bondowoso.

    Konferensi yang merupakan rapat tertinggi di HMI cabang ini berhasil dilangsungkan dalam rentang waktu tiga hari (20-22 Maret 2016). pelaksanaan tersebut terhitung singkat untuk suatu konferensi. Dana, Ketua Umum Demisioner HMI Cabang Jember dalam sambutannya mengatakan, “Alumni dan KAHMI mengapresisi pelaksanaan Konfercab ke 3 ini. Konferensi cabang yang kita laksanakan  hari ini terhitung cepat bila dibandingkan dengan konfercab terdahulu yang berjalan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan”. Meskipun terdapat permasalahan dalam perihal waktu, pleno 1 sampai dengan ke 4 sidang berlangsung lancar dan damai. Memasuki pleno ke 4 dimana mulai dibahas perihal calon ketua umum sidang mulai nampak panas karena perbedaan pendapat dari para peserta sidang, hingga akhirnya berhasil memunculkan dua calon kader yang dianggap telah memenuhi kriteria dan persyaratan yang telah disepakati untuk maju sebagai calon ketua umum HMI cabang jember. Satu calon incumbent dan satu nama baru.  Dua nama calon ketua tersebut maju seba adalah Farisul (asal Komisariat TP) dan Koko (asala Komisariat Fisipol).

    Pemungutan suara dilakukan ditempat sama dan langsung dilakukan perhitungan. Perhitungan didampingi oleh dua orang saksi yang dipilih oleh forum, satu saksi dari Komisariat TP dan satu dari Komisariat Fisipol. Total suara dalam pemilu ini sebanyak 21 suara yang merupakan suara dari pwerkilan atau utusan komisariat. Berdasarkan hasil pemungutan dan penghitungan suara dari total 21 suara. Calon petahana, Farizul memperoleh suara mayoritas dengan porolehan lebih dari 50%. Perolehan tersebut memjadikannya sebagai formatur terpilih. Terpilihnya formatur ini menjadi harapan baru untuk keberlangsungan HMI cabang jember.

    Pidato perdana formatur terpilih disampaikan pada closing ceremony yang langsung dilaksanakan pada hari itu juga. Dalam pidato pertamanya tersebut Farizul mengajak kepada seluruh kader HMI khususnya di HMI selingkungan cabang Jember untuk bersinergi dan secara bersama-sama menjadikan HMI di cabang Jember menjadi lebih baik lagi. “Sudah bukan saatnya lagi HMI Cabang Jember bergerak lambat dan berjalan dengan santai,  HMI Jember selajutnya harus bisa lebih baik, lebih cepat dan sudah bukan berjalan lagi. Sudah saatnya HMI Cabang Jember untuk berlari”, ujar Farizul dalam sambutannya.  

    Sampai dengan hari terahir, kegiatan tersebut berjalan dengan damai dan lancar tanpa kekacauan maupun keributan yang berujung anarkis antar peserta sidang. Semua rangkaian pleno yang sudah digendakan berhasil di langsungkan dengan khidmat. Andik, Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, “Alhamdulillah meskipun terkadang waktu pelaksanaan acara peracara tidak sesuai dengan jadwal alias molor, namun berkat kerjasama yang baik anata semua pihak acara ini lancar sampai dengan ahir” Pungkasnya (Andik S.).

    Ikuti tulisan menarik Andik Setyawan (PB) lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.