Sembuh Dari Patah Hati? Kenapa Tidak?

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

.

Siapa yang tidak pernah merasakan patah hati? Semua orang, bahkan orang di dunia pasti pernah merasakanannya. Patah hati menjadikan kehidupan jadi tak taruan. Makan tak enak dan minum pun tak enak. Karena patah hati, kamu berada pada masa-masa terburukmu.

Tidak masalah seberapa sakitnya kita, yang terpenting adalah bagaimana kita bangkit dari rasa sakit hari tersebut. Untuk kamu penderita patah hati, lihatlah beberapa tips ini untuk menyembuhkan sakit hatimu

1. Sakit biarlah sakit

Jika hatimu sakit, biarkanlah sakit untuk sementara waktu. Ya, semua orang memang ingin sembuh dari luka hati dengan cepat, tapi itu bukanlah masalah instan. Kamu harus membiarkan dirimu terbiasa dengan rasa sakit itu. Kamu harus percaya bahwa hatimu itu hati yang kuat. Ia mampu untuk menyembuhkan dirinya sendiri, tanpa perlu kamu repot-repot menyembuhkannya. Biarkanlah dirimu meresapi rasa sakit itu untuk sementara waktu.

2. Tangisan itu melegakan

Ya, terkadang menangis adalah hal yang melegakan untuk kamu ketika sakit hati datang. Kamu tidak perlu jadi malu untuk melakukannya. Ini bukan soal kamu kuat atau tidak, tapi ini soal bagaimana menyembuhkan luka hatimu. Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah melegakan hatimu dari beban sakit hati. Menangislah dan legakan hatimu. Air mata itu tidak melakukan, tapi kebanggaan karena artinya kamu mampu merasakan.

3. Buang kenangan = Buang sakit hati

Hal yang paling lumrah untuk menyembuhkan sakit hati adalah membuang semua kenangan yang pernah dibuat. Kamu bisa melakukannya dari membuang barang pemberiannya, meng-unfriend atau meng-unfollow di sosial media, atau menghapus semua foto-foto dirimu dengan dia. Berikan kelegaan dan kekosongan pada hatimu. Kekosongan itu akan melegakanmu.

4. Sahabat, tepat cerita yang tepat

Untuk sebuah rasa sakit dan kepahitan, jangan biarkan dirimu memendam perasaan itu begitu lama. Telpon dan undanglah sahabatmu untuk menjadi tempatmu bercerita. Menangis dan ekspresikanlah perasaanmu di depannya. Munculkan cerita sahabat terbaik antara kamu dan sahabat. Bukalah hatimu dan telingamu untuk mendengar kata kata terbaik dari seorang sahabat. Ia mungkin pernah merasakannya, atau paling tidak mampu melihat dari sisi yang lain.

5. No marah, Yes Karya

Percaya atau tidak, kreatifitas itu bisa datang ketika kamu sakit hati. Kamu bisa mendapatkan kreatifitas itu jika kamu menemukan titik yang tepat. kamu tidak perlu marah kepada pacar barunya atau mengeluarkan kata kata sumpah untuknya. Percayalah itu hanya membuang tenaga dan waktumu. Akan lebih baik jika kamu mengubah patah hati menjadi sebuah cerita yang indah ataupun lagu yang mengalun, sehingga orang lain yang membaca atau mendengar mampu terinspirasi akan cerita dan lagu yang kamu tulis. Kamu juga bisa memasukkan ke media, siapa tahu kamu mampu menang dan mendapatkan uang. Lebih baik bukan?

6. Positif itu penting

Setelah kamu menikmati semua rasa sakit hati itu, kamu harus mulai menguatkan dan membangun dirimu dengan kata kata positif. Percayalah, walaupun pahit, semua hal yang terjadi pada diri kamu adalah karena tuhan sayang kepadamu. Ia telah menyiapkan seseorang yang lebih baik untukmu. Ada kisah yang lebih indah di masa depan yang akan kamu dapatkan, ketimbang hanya melamun dan menyesali apa yang ada. 

Kamu bisa mulai melihat sekitar. Bercengkramalah dengan sahabatmu. Tertawalah dengan candaan-candaan yang lucu. Dengar-dengaranlah dengan keluargamu. Dengarkan apa cerita dan kebutuhan mereka. Perlahan, kamu akan menyadari bahwa walaupun tak ada dia, hatimu masih dibutuhkan dan kamu masih dicintai.

7. Sembuh dan bukalah hati untuk yang lain

Perlahan hatimu akan sembuh dan luka itu tidak akan lagi kamu rasakan. Di titik itu, biarkan hatimu terbuka untuk orang-orang baik lainnya yang akan masuk ke hatimu. Jangan biarkan ketakutanmu akan patah hati menghilangkan kemungkinanmu untuk menemukan orang yang lebih baik, bahkan jodohmu. 

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Oky Handoko

Seorang yang hobi menulis

0 Pengikut

img-content

Memimpikan Jakarta yang Bebas Macet

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua