Dari Balap Motor, Bendera Merah Putih Berkibar di Malaysia - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Wawan Priyanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • Dari Balap Motor, Bendera Merah Putih Berkibar di Malaysia

    Dibaca : 4.601 kali

    Merinding. Saya (dan banyak orang Indonesia lainnya) merinding ketika melihat bendera merah putih dan lagu Indonesia Raya berkumandang kencang di luar negeri. Bukan di gedung KJRI, tapi di sirkuit balap dan juga arena olahraga lainnya. Sabtu-Minggu, 14-15 Mei 2016 dua anak muda Indonesia yang berhasil mengibarkan bendera merah putih di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. 

    Namanya Andi Izdahar (Andi Gilang) dan Gerry Salim yang merupakan pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM). Keduanya berlomba di ajang Asia Talent Cup (ATC) 2016 seri ketiga. Andi Gilang berhasil mengibarkan bendera sebanyak dua kali, di race pertama, Sabtu, sebagai juara pertama dan race kedua (Minggu) di posisi ketiga. Sedangkan Gerry finish ketiga di race pertama.

    Tidak mudah untuk bisa mengibarkan bendera merah putih di Sepang. Andi dan Gerry harus bersaing dengan pembalap-pembalap mudah berprestasi dari negara lain seperti pembalap tuan rumah Malaysia, Cina, India, Turki, Australia, Thailand, dan Jepang.

    Prestasi Andi Gilang ini layak diacungi jempol. Sebab, Andi Gilang memecahkan rekor ATC sebagai pebalap pertama yang berhasil meraih podium tertinggi lebih dari satu kali. Sebelumnya pada seri kedua di sirkuit Losail, Qatar, 20 Maret lalu, pembalap asal Bulukumba ini mencetakkan podium tertingginya untuk pertama kali.

    “Saya bersyukur dapat selalu memulai balapan dari posisi kedua, sehingga dalam balapan race-1 maupun race-2 saya dapat menerapkan strategi untuk terus konsisten di barisan pebalap terdepan,” kata Andi Gilang dalam release yang disebar AHM usai race 2.

    Sementara itu, pemimpin klasemen sementara balapan ATC hingga seri kedua lalu, Gerry, harus rela digeser dari puncak klasmen. Kini, Gerry berada di peringkat keempat dengan 87 poin. Peringkat pertama direbut Chantra (106 poin), kedua Yamanaka (100 poin) dan ketiga Andi Gilang (93 poin).

    Gerry yang terjatuh di lap terakhir menjelang garis finish di race kedua mengaku kecewa. Gerry terjatuh saat duel perebutan peringkat kedua dengan Andi Gilang dan pembalap Jepang Ryusei Yamanaka. Race kedua ini dimenangkan pembalap Thailand Somkiat Chantra, disusul Yamanaka dan Andi Gilang. "Saya kehilangan kendali motor saat lap terakhir di race2 dan gagal finish. Saya masih tidak puas dengan hasil ini dan akan mempersembahkan kejutan prestasi balap yang lebih baik di seri berikutnya,”ujar Gerry.

    GM Marketing Planning & Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengatakan pebalap-pebalap muda Indonesia saat ini menjadi kekuatan menakutkan bagi 16 pebalap dari 8 negara lain di ajang ATC 2016. Berbagai kemenangan yang berhasil diraih menunjukkan kompetensi balap para pebalap Indonesia terus meningkat sebagai bekal untuk menapaki babak baru jenjang balap di berbagai kejuaraan internasional menuju MotoGP.

    “Kemenangan para pebalap sepanjang ATC 2016 ini adalah hasil kerja keras dan persiapan matang yang dilakukan pebalap ini jauh-jauh hari sebelum balapan berlangsung. Kami pun juga tidak akan berhenti memberikan dukungan untuk semangat juang mereka,” kata Indraputra.

    Sementara itu, rekan setim Irfan Ardiansyah juga turut membuahkan hasil positif. Pebalap ini sempat terjatuh di race-1 yang mengakibatkan nyeri pada kaki kanannya. Namun pebalap ini menunjukkan kegigihan perjuangannya di tengah rasa sakit yang dideritanya dengan menyelesaikan balapan pada posisi 8 besar di race-2.

    ATC 2016 masih menyisakan 3 seri balap, yaitu September di Sirkuit Zhuhai, Cina, dan Oktober di sirkuit Motegi, Jepang, serta sirkuit Sepang, Malaysia. Mari kita tunggu aksi yang mampu membuat merinding kita semua, mengibarkan bendara merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di negeri orang! #MendadakMerinding

     

    FOTO: AHM


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.