x

Iklan

Aseanty Pahlevi

journalist, momsky, writer, bathroom singer, traveler.
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

KM Sinar Usaha Jaya 2 Karam, ABK Berhasil Dievakuasi

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Brigjen TNI (Mar) M. Hari, menggerahkan Tim SAR Lantamal XII melaksanakan evakuasi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PONTIANAK- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Brigjen TNI (Mar) M. Hari, menggerahkan Tim SAR Lantamal XII melaksanakan evakuasi abk Kapal Motor (KM) Sinar Usaha Jaya 2 yang tenggelam di perairan Pemangkat Pulau Kalangbau Kabupaten Sambas, Rabu (03/08)

“Penyelamatan itu, dari Lantamal XII melibatkan personel Posmat Pemangkat dan speed boat Banaspati Posmat Pemangkat,” kata Hari.

Kronologis kejadian kecelakaan laut KM Sinar Usaha Jaya 2, pada pukul 15.00 WIB pada posisi kordinat  01 10 00 U - 108 54 00 T, dinahkodai Sulaiman Umar dengan jumlah Anak Buah Kapal 11 orang. Kapal berbendera Indonesia itu, dengan rute Pelabuhan Sintete menuju Pangkal Balam, Tanjung Pinang bermuatan pupuk oganik granule petroanik 25.000 sak, berangkat pada hari sabtu 31 juli 2016 dari Pelabuhan Sintete, Pemangkat menuju Pangkal Balam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sekitar posisi lampu hijau, 10 mil dari muara Pemangkat, kapal mengalami kerusakan pada mesin pendingin, kemudin kapal lego jangkar guna perbaikan, selama 4 hari, lebih lanjut nahkoda memutuskan balik arah ke Muara Pemangkat guna perbaikan.  Sekitar 500 meter dari pulau Kalangbau terjadi arus laut dan pasang kuat mengakibatkan kapal mengalami hanyut dengan buritan kapal lambung kiri menabrak batu yang berada di pulau Kalangbau. Tabrakan ini mengakibatkan kapal bocor dan tenggelam.

Para ABK memutuskan keluar dari kapal dengan dibantu Tim SAR Lantamal XII bekerjasama dengan Satpolair Polres Sambas dan dibantu nelayan setempat, kemudian di evakuasi ke daratan, kondisi seluruh abk dalam keadaan selamat dengan kerugian materi sekitar 3 milyar rupiah.

Ikuti tulisan menarik Aseanty Pahlevi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu