DR.Muhamad Zen,Kadis Pertanian,Kehutanan&Peternakan;

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

kelompok Tani Hegarmanah III yang telah membangun secretariat dengan swadaya anggotanya tanpa bantuan dari pemerintah daerah.kabupaten Tasikmalaya

DR. Muhamad Zen beri nasi tumpeng kepada Kepala Desa Lengkongjaya Supardi

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan kabupaten Tasikmalaya, DR.Muhamad Zen, beri apresisasi yang dalam pada kelompok Tani Hegarmanah III yang telah membangun secretariat dengan swadaya anggotanya tanpa bantuan dari pemerintah daerah.

Ungkapan ini disampaikan saat meresmikan bangunan dan merupakan sekretariat untuk kelompok yang ada di kampung pasirjeunjing desa lengkongjaya kecamatan cigalontang kabupaten Tasikmalaya, hari sabtu (5/5/2018).

DR. Zen mengatakan sangat bangga, karena kelompok ini sudah tiga kali melakukan regenerasi dengan menempatkan para pengurusnya dari kalangan pemuda sebagai cikal bakal dan harapan dalam membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi anggotanya.

Apalagi bila melihat 2   orang wanita bisa dikatakan nenek menjadi anggota kelompok, padahal sudah manula (manusia lanjut usia) masih BERSEMANGAT dalam bercocok ternak ayam, inilah yang harus dijadikan inspirasi bagi kita semua, ungkapnya.

Maka dari itu untuk kita semua, bahwa dalam aktivitas apapun punya kemauan dan tujuan tanpa didasari Semangat tinggi, yang akhirnya akan sia-sia, kandas ditengah jalan dan percuma tak akan memperoleh hasil.

Seperti yang disebutkan tadi dari sekretaris KT.Hegarmanah, setiap anggotanya diwajibkan membayar iuran bulanan sebesar 5 ribu rupiah, hanya dalam jangka waktu satu tahun dapat terkumpul uang 15 juta, ini disebutkannya luar biasa, karena apa!, berarti para anggota dan pengurusnya mempunyai semangat tinggi dalam pencapaian visi dan misi kelompok tani hegarmanah, untuk tercapai tujuan.

Dalam laporan kelompok, luas tanah desa yang yang jadi garapan kurang lebih hampir 200 hektar, Muhamad Zen minta kelompok penggarap untuk menanam pohon dan buah-buahan yang lebih produktif guna menunjang hasil yang lebih maksimal, begitu juga kandang ternak ditempatkan sebagai pendukung untuk tidak terlalu jauh dari lokasi lahan yang jadi garapannya.

Di akhir sambutan DR. Zen meresmikan sekretariat kelompok, walaupun bangunan sederhana tetapi semangat kebersamaan tetap terjaga dari para tokoh agama dan TNI serta para anggota dan warga masyarakat sekitar yang ada di desa lengkongjaya.

Kepala Dinas juga mengatakan pada media, akan membantu kelompok tani hegarmanah selain jalan usaha tani, juga kendaraan transport roda tiga agar effesiensi dan biaya serta hasil produksi, lancer kepasaran.

Singaparna, kabupatenTasikmalaya.(7/5/2018)

IWAN SINGADINATA

Bagikan Artikel Ini
img-content
Iwan Singadinata

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua