x

Iklan

Miss Nindy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Donny Imam Priambodo Tanggapi Perayaan Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jakarta – Hari ini, tepat pada tanggal 22 Oktober, sejak tahun 2015 lalu resmi ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden Jokowi melalui Keppres Nomor 22 tahun 2015. Terkait perayaan ini, Donny Imam Priambodo yang saat ini tengah mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI Dapil Jateng III No Urut 9 menuturkan beberapa tanggapannya.

Menurutnya, perayaan Hari Santri Nasional ini merupakan wujud penghargaan dari bangsa Indonesia kepada kalangan santri yang peran serta andilnya sangat besar terhadap keutuhan NKRI. Dari masa ke masa kalangan santri membuktikan bahwa mereka betul-betul getol dalam menjaga persatuan, dan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan sebaik-sebaiknya.

“Peringatan Hari Santri Nasional ini adalah bentuk ucapan terimakasih kita sebagai bangsa Indonesia kepada para santri. Upaya mereka dalam mengiringi sejarah Indonesia, sampai kita betul-betul merdeka,  tidak bisa kita katakan kecil. Jadi momentum ini kita maknai sebagai perenungan kembali atas perjuangan yang telah dilakukan oleh kaum santri,” ucap Donny kepada wartawan usai mengisi sebuah acara di kawasan Jakarta Pusat, Senin (22/10/2018).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti kita tahu, dasar pemikiran mengapa dipilih tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, adalah tidak lepas dengan konteks sejarah. Jika kita menarik pikiran kita ke belakang, lanjut Donny, dalam sejarah bangsa ini kita akan menemukan semangat jihad yang luar biasa dari para santri dalam mempertahankan kemerdekaan negeri ini. Kita mengenal peristiwa ini dengan ‘Resolusi Jihad’.

Adalah K.H. Hasyim Asy’ari (pendiri Nahdlatul ‘Ulama’) di Surabaya yang mendeklarasikan Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober 1945. Peristiwa ini merupakan respon dari kembalinya tentara Belanda dengan maksud menguasai kembali Indonesia melalui Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Dengan dideklarasikannya ‘maklumat’ ini, menurut Donny yang membuat para santri yang berada di kawasan Surabaya dan sekitarnya menggebu-gebu. Semangat mereka berkobar untuk mengusir kaki-kaki penjajah dari Tanah Air. Mereka disatukan oleh satu keyakinan bahwa perjuangan membela Tanah Air merupakan kewajiban bagi setiap Muslim.

“Gerakan Resolusi Jihad ini mengingatkan kita mengenai besarnya peranan santri dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pun dengan melihat penggalan sejarah tadi, maka tidak salah jika Pak Joko Widodo menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional,” tandasnya. [MN]

Ikuti tulisan menarik Miss Nindy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 jam lalu

Terpopuler