x

Iklan

Joe Wkwy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Makanan Khas Indonesia

Eksistensi makanan khas nusantara.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Makanan Khas Indonesia - Dari awal terciptanya peradaban manusia hingga memasuki jaman yang serba modern seperti sekarang ini membawa banyak perubahan dalam segi budaya. Salah satunya adalah dunia kuliner.

Kuliner khas Nusantara selalu mengalami banyak perubahan tiap waktunya, dari segi citarasa, cara pembuatan, hingga wajah atau finishing terakhir dari suatu makanan selalu mengalami perkembangan. 

Tidak dipungkiri, banyak sekali faktor yang mengakibatkan perubahan-perubahan itu terjadi. Seperti teknnik pembuatan yang terus terkena globalisasi hingga membuat sesuatu yang dari dulunya hanya menggunakan tangan atau alat-alat sederhana yang terbuat dari bambu atau kayu, kini telah berkembang mulai menggunakan mesin, atau alat-alat canggih yang mampu menaiklan jumlah produksi dan kemudahan dalam mengolah makanan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemudian, dari segi media juga memberi pengaruh penting dalam pemasaran produk, bahkan dengan mudahnya teknologi internet jaman sekarang membuat mudahnya mendapat reverensi pengetahuan tentang resep-resep yang dahulu hanya berdasarkan buku atau turun-temurun.

Kemudahan bermedia sosial di internet justru tidak hanya memberikan dampak baik di dalam dunia kuliner. Sisi buruk yang ditimbulkan justru hampir setara dengan sisi baiknya. Jika sudah berbicara tentang promosi dalam dunia sosial beda lagi ceritanya. Dibutuhkan ketangkasan khusus dalam menarik perhatian lewat dunia media sosial. Persaingan yang dihasilkan sangat besar dibanding melakukan promosi sendiri hanya dengan brosur atau dari mulut ke mulut. Jika suatu produk tidak bisa menarik pasar yang ditujunya, maka produk itu akan sulit bersaing di media sosial. Dibutuhkannya biaya promosi atau iklan, serta usaha membuat iklan semenarik mungkin membuat bidang promosi di bidang tersebut perlu diperhatikan.

Namun, itu lah peran generasi muda yang sedikit lebih mahir menggunakan media sosial dibanding generasi tua, walaupun tidak sedikit juga generasi tua yang mahir menggunakan media sosial. Sebagai anak muda, itulah tugas kita, ikut serta dalam pelestarian kuliner khas nusantara yang diantaranya sudah mulai kehilangan eksistensinya. Kita perlu membuat inovasi-inovasi yang bagus agar makanan khas Indonesia yang sudah mulai redup dapat naik kembal ke permukaan berkat adanya generasi muda penerus bangsa.

 

Ikuti tulisan menarik Joe Wkwy lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler