x

Kamitetep peduli dan berbagi

Iklan

Adis Setiawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juni 2019

Rabu, 3 Juli 2019 19:14 WIB

Belajar Dari Crew Kamitetep Peduli dan berbagi Sukorejo

Harta kita yang hakiki adalah apa yang kita bagikan pada orang lain, bukan kekayaan yang kita gunakan untuk mempercantik diri maupun membeli barang mewah, so mari peduli dan terus berbagi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pembelajaran yang paling efektif adalah dengan praktek langsung, karena akan membekas pada diri anak didik. Sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW ketika mendidik generasi terbaik umat ini, juga KH Ahmad Dahlan pendiri Persyarikatan Muhammadiyah ketika mengajarkan tafsir surat Al Ma'un langsung dengan praktek membantu orang yang membutuhkan.

Hasil diskusi dengan salah satu Crew Kamitetep Peduli & Berbagi, ada beberapa pelajaran yang didapat dari pengalaman dan nilai spiritual bergerak di kegiatan Saling Berbagi sesama yang saling membutuhkan.

Menurut salah satu Crew Kamitetep Peduli & Berbagi bahwa, yang saya lakukan ketika mengajarkan anak didik di SMK Muhammadiyah 04 Sukorejo Kendal, saya ajak mereka berbagi uang saku mereka sebagai bentuk sadaqah yang dibagikan kepada teman teman mereka yang membutuhkan, sekedar membelikan jajan, mengganti sepatu yang sudah usang sampai tas baru, hingga di hari kelulusan mereka merayakan dengan cara berbagi nasi box kepada para pekerja bangunan, tukang becak juga orang jalanan di sekitar terminal dan pasar Sukorejo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Alhamdulillah yang kami praktekkan tersebut membekas, setelah mereka lulus bekerja dan mendapatkan gaji pertama, mereka ingin berbagi uang yang mereka dapatkan dari bekerja untuk orang yang membutuhkan, maka kami sepakat membuat komunitas yang kami beri nama "kamitetep (dibaca : kami tetap) peduli dan berbagi", Ujarnya.

Sudah berjalan hampir 4 tahun, berbagai kegiatan telah kami lakukan baik rutin maupun insidental, berbagi beras untuk dhuafa rutin setiap bulan, ada 50 dhuafa dan yatim yang kami santuni tiap bulan, juga berbagi peralatan sekolah untuk dhuafa, santunan pendidikan dan kesehatan, juga penggalangan dana untuk korban bencana.

Harapannya, kamitetep peduli & berbagi, tetap eksis walaupun tidak banyak yang dapat kami bagikan, sebagai amal jariyah untuk crew kamitetep seluruhnya. Andai Kamitetep Peduli & Berbagi mampu memback up lebih banyak kebutuhan para orang yang membutuhkan, yatim dhuafa di daerah sukorejo dan sekitarnya alangkah gembiranya crew kami.

Harta kita yang hakiki adalah apa yang kita bagikan pada orang lain, bukan kekayaan yang kita gunakan untuk mempercantik diri maupun membeli barang mewah, so mari peduli dan terus berbagi.

Reportase: Adis Setiawan, Alumni SMK Mupat Sukorejo, Manajemen Pendidikan Islam Di STIT Nusantara Bekasi

Ikuti tulisan menarik Adis Setiawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu