Founders’ 5K Fun Run UPH Festival 2019: Finish What You Started - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Heidi Pah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 21 Agustus 2019 01:26 WIB
  • Olah Raga
  • Pilihan
  • Founders’ 5K Fun Run UPH Festival 2019: Finish What You Started

    Dibaca : 428 kali

    Founders’ 5K Fun Run, menjadi salah satu program yang dinanti mahasiswa baru Universitas Pelita Harapan (UPH). Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini diadakan pada sore hari pukul 16.00, di hari ke-3 UPH Festival 2019, 16 Agustus 2019. Tidak hanya mahasiswa baru yang antusias mengikuti Fun Run ini, para pimpinan universitas, fakultas, staff dan mahasiswa senior juga ikut dalam keramaian. Lebih dari 3000 peserta mengikuti Fun Run sejauh 5 kilometer, mengitari kompleks Lippo Village, Karawaci, Tangerang.

    Kegiatan lari bersama ini tidak sekedar untuk memperkuat kebersamaan antar mahasiswa baru dengan civitas akademika. Ada makna dari motto ajang Fun Run yang selalu dikumandangkan setiap tahunnya: Finish What You Started.

    Stephen Metcalfe, MA, Direktur UPH Sports and Wellness Center, ketika ditemui di lapangan seusai mengelilingi seluruh trek Fun Run, menjelaskan filosofi di balik kegiatan ini.

    “Menurut saya, hal ini melambangkan komitmen yang berusaha kita tekankan di setiap kehidupan mahasiswa disini – yaitu menyelesaikan apa yang telah mereka mulai. Selesaikan target yang sudah kamu mulai, studi yang sudah kamu mulai, hubungan yang sudah kamu mulai. Hidup kita hanya bisa dianggap berhasil jika kita menyelesaikan segala hal yang sudah kita mulai,” jelasnya.

    Untuk mahasiswa baru UPH sendiri, hal ini bukan berarti mereka harus takut memulai perkuliahan dan takut apabila jurusan yang diambil ternyata tidak sesuai dengan minat.

    “Menyelesaikan apa yang kalian mulai bukan berarti kalian harus melanjutkan jalan yang salah. Kalian harus memiliki target pribadi atau visi pribadi, dan inilah yang harus kalian capai dalam hidup, dan ini yang berusaha kita ajarkan di universitas ini” lanjutnya.

    “Kegiatan Fun Run ini merupakan simbol dari visi yang diharapkan dimiliki oleh setiap mahasiswa yang menjadi bagian dari UPH,” tambah Metcalfe.

    Selain itu, kegiatan olahraga ini juga menekankan bagaimana pembelajaran di UPH tidak hanya sebatas belajar dalam ruang kelas, tetapi juga belajar untuk mengembangkan diri secara holistis.

    “Mahasiswa UPH tidak akan hanya belajar di ruang kelas, melainkan juga diajak untuk bertumbuh secara fisik – seluruh bagian dari diri kita dilatih disini,” jelas Rektor UPH, Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., disela-sela keramaian Fun Run.

    Sang Rektor pun menekankan bahwa ajang ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa baru dan civitas akademika untuk saling berkenalan dan menjalin hubungan yang lebih erat, guna mewujudkan rasa kekeluargaan dan kedekatan dalam institusi UPH. Hal tersebut ia serukan pada seluruh mahasiswa baru saat membuka kegiatan 5K Fun Run ini.

    “Saya juga ikut memeriahkan acara ini, biasanya ada mahasiswa-mahasiswa yang ingin berfoto dan saya pun akan sangat senang berfoto dengan mereka,” ujar Rektor.

    Metcalfe juga menimpali penekanan Rektor tentang pendidikan holistis yang ditawarkan UPH. “Disini, mahasiswa akan mengikuti pelajaran olahraga, dimana mereka akan belajar prinsip-prinsip tentang mengapa kita harus berolahraga. Kita juga memiliki fasilitas yang sangat berkualitas, yang akan mendorong para mahasiswa untuk hidup sehat dan menjaga tubuh mereka lebih lagi. Juga, disini kita memiliki student athletes yang berlatih tanpa pamrih setiap harinya. Dengan atmosfir sepert ini, diharapkan segenap mahasiswa dapat melihat pentingnya merawat dan menggunakan tubuh mereka sebagaimana diciptakan Tuhan,” Tutupnya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.