x

Pemain Timnas Garuda Witan Sulaiman dan Pratama Arhan. Antara/Humas PSSI

Iklan

windhu prasetyo simson

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2021

Sabtu, 27 Januari 2024 14:24 WIB

Pencapaian Indah Timnas Garuda Bersama Shin Tae Yong

Timnas Garuda berhasil mencapai hasil yang istimewa, karena unuk pertama kalinya berhasil lolos dari fase grup putaran final Piala Asia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam dua hari ini kita sebagai masyarakat Indonesia sedang bergembira atas lolosnya timnas senior kebabak 16 besar piala Asia 2023.

Kalau kita coba telusuri hasil ini kita dapatkan dari suatu proses yang sangat panjang dan penuh dengan turbulensi. Shin Tae Yong memulai rangkaian perjuangan di piala asia ini dari Playoff kualifikasi piala Asia 2023 melawan China Taipei dengan dua kai kemenangan masing-masing 2-1 dan 3-0 pada bulan oktober 2021.  Proses kedua adalah kualifikasi piala asia 2023 di Kuwait, saat itu Indonesia satu grup dengan Kuwait, Yordan dan Nepal. Hasil akhirnya Indonesia lolos setelah menjadi salah satu runner up terbaik. Dengan 2 kali kemenangan dan 1 kali kekalahan.

Tibalah saatnya kita masuk ke putaran final piala asia 2023 di mana kita satu grup dengan : Jepang, Irak dan Vietnam. Grup ini sangat berat mengingat Jepang dan Irak adalah raja Asia yang sudah terbiasa menjadi juara asia dan juga beberapa kali masuk ke Piala Dunia. Sementara Vietnam kita ketahui sudah menjadi raja sepakbola asia tenggara dalam beberapa tahun ini .Seperti sudah diduga kita menjadi underdog  di grup ini. Kita menjadi tim dengan peringkat dunia paling rendah. Bahkan salah satu pengamat sepakbola amerika mengatakan bahwa Indonesia adalah sekumpualan anak-anak muda pemain bola tiktok.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akan tetapi jika kita melihat pertandingan melawan 2 tim terkuat di grup ini yaitu Irak dan Jepang patut kita puji penampilan timnas garuda, dalam dua pertandingan tersebut tim kita tampil lumayan dapat memberikan perlawanan yang berarti.  Tidak menjadi lumbung gol seperti perkiraan orang dan bahkan mampu membuat gol di setiap pertandingan.

Pencapaian Shin Tae Yong ini sungguh luar biasa apalagi sudah 16 tahun timnas garuda tidak masuk ke piala asia, dan telebih lagi saat ini mampu lolos ke 16 besar.

Pencapaian ini adalah pencapaian pertama timnas kita. Bahkan kita tidak bisa melakukannya ketika kita menjadi tuan rumah piala asia di tahun 2007, oleh sebab itu ini adalah pencapain yang istimewa.

Istimewa karena kita memulai langkah yang panjang  dari play off ketika melawan China Taipei sampai dengan saat ini mampu lolos 16 besar piala asia.

Tim dari asia tenggara yang berhasil masuk ke 16 besar paiala asia 2023 hanya Thailand dan Indoensia . Artinya dalam hal ini kita di atas Vietnam dan Malaysia. Kita pahami bahwa timnas Bersama Shin Tae Yonh ini pelan tapi pasti menuju level yang lebih tinggi. Secara perlahan kita mulai bisa mengejar Vietnam dan Thailand yang setidaknya dalam 10 atau 15 tahun terakhir ini selalu berada di atas kita.

Semoga ini adalah awal dari kebangkitan sepakbola Indonesia. Shin Tae Yong sudah meletakkan dasar yang baik demi kemajuan sepakbola Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik windhu prasetyo simson lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu