x

Asnawi Mangkualam Bahar mencetak gol ke gawang Vietnam di Piala Asia 2023 Qatar. Foto: Ibraheem al Omari/REUTERS.

Iklan

Liliek Pur

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Mei 2022

Senin, 22 Januari 2024 07:38 WIB

Satu Gol Asnawi Mangkualam Bahar yang Berdampak Besar

Gol Asnawi Mangkualam Bahar ke gawang Vietnam menimbulkaan dampak sangat besar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Asnawi Mangkualam Bahar sukses melesakkan bola ke gawang Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Gol ini menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan sarat emosi antara dua seteru abadi.

Berkat gol yang dicetak oleh kapten Timnas Indonesia melalui titik penalti ini, pasukan Garuda berhasil menjungkalkan The Golden Stars. Kemenangan ini amat berarti mengingat begitu lamanya masyarakat bola Indonesia menanti momen ini.

Gol kedua Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023 ini bukan sekadar gol biasa. Ternyata, gol Asnawi memberi pengaruh besar bagi perjalanan Indonesia selanjutnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memangnya, apa saja dampak yang diakibatkan oleh gol Asnawi ke gawang Vietnam?

3 Dampak Besar Gol Asnawi Mangkualam Bahar

Berikut ini 3 dampak positif kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam melalui satu-satunya gol yang dicetak Asnawi.

  1. Tercapainya tekad Timnas Indonesia tidak menjadi tim terlemah di Grup D Piala Asia 2023

Sebelum perhelatan Piala Asia 2023 dilangsungkan, kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar mengungkapkan sebuah tekad. Bersama-sama dengan rekan-rekan setimnya, sang kapten akan berusaha tidak terpuruk menjadi tim terlemah di Grup D.

Pernyataan Asnawi tersebut tentu menjadi salah satu pemicu semangat tim dalam menjalani laga-laga di Grup D yang diperkirakan bakal berlangsung berat. Maklumlah, selain Indonesia, grup ini dihuni oleh tiga Tim yang di atas kertas lebih diunggulkan ketimbang Tim Garuda.

Setelah dalam partai pertama dikalahkan oleh Irak, kans Indonesia mewujudkan tekad mereka menjadi semakin berat. Kekalahan di laga perdana tentu mengganggu kinerja tim sehingga tekad yang digelorakan Asnawi semakin sulit menjadi realisasi.

Namun, kemenangan yang dibukukan Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam terasa sangat melegakan. Kemenangan yang didapat hanya dengan satu gol itu seketika menjelma sebagai sebuah pembuktian.

Setelah menderita kekalahan dari Indonesia, Vietnam langsung terpuruk ke posisi terbawah dan tak lagi memiliki kesempatan untuk beranjak dari dasar klasemen Grup D. Apa pun hasil matchday ketiga (Indonesia melawan Jepang dan Vietnam menantang Irak), posisi Indonesia akan tetap berada di atas Vietnam.

  1. Terbukanya peluang Timnas Indonesia melangkah ke 16 Besar Piala Asia 2023

Di luar pembuktian posisi Indonesia dalam persaingan Grup D Piala Asia 2023, kemenangan Indonesia memunculkan harapan bagi kelanjutan kiprah tim Merah Putih. Kini, Timnas Indonesia berpeluang lolos menuju babak selanjutnya bersama 15 tim terbaik Asia lainnya.

Meskipun terbilang hampir mustahil, tetapi kesempatan Indonesia menduduki peringkat dua tidak tertutup sama sekali. Untuk berada pada posisi yang bisa memastikan langkah Indonesia ke babak 16 Besar tanpa tergantung pada pertandingan lainnya, Timnas Indonesia harus mengalahkan salah satu raksasa Asia, Jepang.

Namun, seandainya tak mampu menundukkan si Samurai Biru, Indonesia masih tetap berpeluang melangkah ke babak gugur. Hasil seri, atau bahkan kalah, masih menyisakan harapan Indonesia menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik yang berhak melenggang ke putaran selanjutnya.

  1. Terdongkraknya peringkat FIFA Indonesia

Di antara semua peserta Piala Asia 2023, peringkat FIFA Indonesia bikin kita mengelus dada. Dengan menduduki peringkat 146, Indonesia hanya lebih baik dari satu negara peserta Piala Asia 2023. Ya, kita berada pada posisi ke-23 dari 24 negara yang berpartisipasi dalam Piala Asia yang diselenggarakan di Qatar ini.

Nah, kemenangan Indonesia atas Vietnam memengaruhi perhitungan poin dalam penentuan peringkat FIFA. Cuitan @FootyRankings menunjukkan bahwa kemenangan ini memberikan tambahan nilai 23,18 poin bagi Indonesia. Tambahan poin sebesar itu mampu mendongkrak posisi Indonesia ke peringkat 142 dunia.

Nggak nyangka, bukan? Sebuah gol Timnas Indonesia melalui sang kapten Asnawi Mangkualam Bahar mampu membawa keuntungan besar.

Ikuti tulisan menarik Liliek Pur lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu