x

Messi dan Ronaldo (sumber: firstsportz)

Iklan

Aldiano Hadi

Seorang Blogger di kalaluang.com
Bergabung Sejak: 12 Desember 2023

Senin, 18 Desember 2023 17:39 WIB

7 Top Skorer Piala Dunia Sepanjang Sejarah

Siapa sajakah top skorer Piala Dunia sejauh ini? Apakah masih ada yang aktif membela tim nasional sampai saat ini? Atau didominasi para legenda yang sudah pensiun?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

7 Top Skorer Piala Dunia Sepanjang Sejarah

Mencetak gol di sebuah perhelatan Piala Dunia merupakan sebuah momen berharga dan langka bagi setiap pesepakbola. Tak jarang jika Piala Dunia kerap melahirkan bintang-bintang anyar. Salah satu yang paling sering jadi sorotan tentu adalah seorang penyerang. Tentu akan terasa spesial jika mampu membawa negaranya juara gelaran empat tahunan ini, sekaligus menobatkan namanya sebagai top skorer.

Dari 21 edisi Piala Dunia, atau sejak tahun 1930, total 2.548 gol telah dicetak oleh lebih dari 1.300 pemain berbeda. Namun hanya 13 pemain yang berhasil mencetak lebih dari 10 gol sepanjang sejarah Piala Dunia. Bahkan tak ada nama Cristiano Ronaldo (grafis: 7 gol dari 17 pertandingan Piala Dunia) dan Lionel Messi (grafis: 6 gol dari 19 pertandingan) dalam daftar pemuncak top skorer Piala Dunia ini. Kendati demikian, kedua pemain tersebut masih berpotensi menambah jumlah golnya di Qatar nanti.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lantas, siapa sajakah top skorer Piala Dunia sejauh ini? Apakah masih ada yang aktif membela tim nasional sampai saat ini? Atau didominasi para legenda yang sudah pensiun? Berikut 7 top skorer Piala Dunia sepanjang sejarah yang telah dirangkum, versi HQTV Sports.

  1. Miroslav Klose (Jerman, 16 gol)

Pemegang rekor top skorer Piala Dunia dipegang oleh penyerang asal Jerman, Miroslav Klose. Eks bomber Lazio ini total menorehkan 16 gol dari 24 penampilan dalam empat edisi Piala Dunia. Miroslav Klose memulai debutnya di ajang prestisius ini pada Piala Dunia 2002 dengan mencetak hattrick saat kemenangan Jerman atas Arab Saudi. Di edisi 2006, Miroslav Klose mencetak lima gol sekaligus meraih sepatu emas di turnamen tersebut.

Mantan pemain Bayern Munchen ini kembali menunjukkan ketajamannya dengan mencetak empat gol di Afrika Selatan. Akhir kisah Miroslav Klose di Piala Dunia ditutup dengan dua gol dan gelar Piala Dunia 2014 Brasil, di mana ia sukses melewati torehan gol milik Ronaldo Nazario. Hebatnya lagi, rekor tersebut berhasil terpecahkan usai Klose mencetak gol kemenangan Jerman melumat Brasil di semifinal.

  1. Ronaldo (Brasil, 15 gol)

Banyak yang mengakui jika Ronaldo Luis Nazario de Lima adalah salah satu penyerang terbaik sepanjang masa. Tak heran ia dijuluki Il Phenomeno. Torehan 15 gol dari 19 pertandingan dalam tiga edisi Piala Dunia patut mendapat apresiasi lebih. Debut Ronaldo di Piala Dunia 1998 berhasil menorehkan empat gol. Puncaknya adalah saat mantan penyerang Inter Milan tersebut meraih gelar Piala Dunia 2002 bersama Brasil dan mencatatkan namanya sebagai top skorer dengan 8 gol, termasuk dua gol kemenangan di laga puncak.

Sebelumnya, Ronaldo berhasil tampil mengesankan usai menghabiskan waktu pemulihan cedera ligamen di tahun 2000. Namun penampilan terakhir Ronaldo di Piala Dunia berakhir antiklimaks. Meski hanya mencetak tiga gol, Ronaldo dinilai gagal bermain maksimal karena adanya kontroversi mengenai berat badannya yang kurang ideal.

  1. Gerd Muller (Jerman, 14 gol)

Gerd Muller merupakan salah satu finisher paling klinis yang pernah ada dalam sejarah sepakbola. Selama 32 tahun, eks penyerang Bayern Munchen ini memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia, sebelum dipecahkan Ronaldo Nazario pada 2006. Penyerang gaek Jerman ini berhasil mencetak 14 gol hanya dalam dua edisi saja. Di Piala Dunia 1970, Der Bomber, julukan Gerd Muller, mampu mencetak 10 gol dari enam pertandingan. Sedangkan di Piala Dunia 1974 Jerman, Gerd Muller menorehkan empat gol  sekaligus membawa Jerman Barat juara di rumah sendiri, termasuk gol penentu kemenangan atas Belanda di final.

  1. Just Fontaine (Prancis, 13 gol)

Kiprah legenda timnas Prancis ini jangan dipandang sebelah mata. Pasalnya, sampai saat ini rekor gol terbanyak dalam satu putaran final Piala Dunia masih milik penyerang Les Bleus, Just Fontaine yang tercatat sebagai pemain yang mencetak 13 gol di satu edisi Piala Dunia pada 1958. Ini merupakan satu-satunya gelaran Piala Dunia yang diikuti dalam karir profesionalnya. Hal tersebut lantaran Just Fontaine mengalami cedera para di usia 28 tahun dan harus pensiun dini.

Terlepas dari rekor fenomenalnya yang belum terpecahkan hingga saat ini, Just Fontaine mencetak 57% dari total 23 gol Prancis di Piala Dunia 1958, dan mencapai peringkat ketiga bersama tim Ayam Jantan.

  1. Pele (Brasil, 12 gol)

Legenda sepakbola Brasil, Edson Arantes do Nascimento, atau akrab disapa Pele, dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa. Pele menjadi bagian tim Samba yang mendominasi gelaran internasional di akhir 50an dan 60an. Meski Pele tak pernah memenangkan penghargaan sepatu emas, mantan penyerang Santos ini berhasil menyabet predikat pemain terbaik Piala Dunia 1970, dengan catatan empat gol dan enam assist sekaligus membawa Brasil juara di edisi tersebut.

Selain itu, Pele juga mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol di final Piala Dunia pada 1958 saat usianya masih 17 tahun 249 hari. Belum cukup sampai di situ, Pele juga menahbiskan dirinya sebagai pencetak hattrick termuda di edisi yang sama saat menyingkirkan Prancis di semifinal. Hingga saat ini, rekor tersebut masih belum terpecahkan.

  1. Jurgen Klinsmann (Jerman, 11 gol)

Jerman seolah tak pernah kehabisan penyerang hebat. Dominasi gelar Piala Dunia terbanyak dari wakil Eropa, membuat Der Panzer kerap melahirkan bintang baru di Piala Dunia. Salah satunya adalah Jurgen Klinsmann, yang dikenal sebagai penyerang hebat di masanya. Saat debut di Piala Dunia 1990, Jurgen Klinsmann berhasil mencetak tiga gol, sekaligus membawa Die Mannschaft juara Piala Dunia untuk ketiga kali.

Piala Dunia 1994 menjadi torehan gol terbanyak di satu edisi bagi Jurgen Klinsmann, dengan lima gol. Empat tahun berselang saat usianya menginjak 34 tahun, Jurgen Klinsmann mampu mengemas tiga gol di Piala Dunia terakhir dalam karir profesionalnya.

  1. Sandor Kocsis (Hungaria) - 11 Gol

Sandor Kocsis, penyerang asal Hungaria, mencetak 11 gol selama Piala Dunia 1954 di Swiss. Meskipun Hungaria kalah di final, kontribusi Kocsis membuatnya masuk dalam daftar top skorer sepanjang sejarah Piala Dunia.

  1. Thomas Muller (Jerman, 10 gol)

Thomas Muller menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif membela tim nasional, yang mengemas dua digit gol di Piala Dunia. Penyerang Bayern Munchen tersebut berpotensi menambah jumlah golnya di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Pemain yang dikenal sebagai Raumdeuter, atau ‘si penafsir ruang’, telah mencetak 10 gol dalam 16 pertandingan Piala Dunia. Debut Piala Dunia Thomas Muller terjadi saat edisi 2010, di mana pemain berusia 33 tahun tersebut sebagai top skorer dengan lima gol dan menyabet penghargaan sebagai pemain muda terbaik saat usianya masih 20 tahun.

  1. Helmut Rahn (Jerman) - 10 Gol

Helmut Rahn terkenal karena mencetak gol kemenangan bagi Jerman Barat dalam final Piala Dunia 1954 melawan Hungaria. Total, ia mencetak 10 gol dalam dua Piala Dunia (1954 dan 1958), menjadi salah satu pionir kesuksesan sepak bola Jerman.

Untuk cuplikan detailnya bisa kamu lihat melalui channel YouTube kami HQTV Bola, sebuah Kanal seputar informasi olahraga dari berbagai penjuru dunia, yang terafiliasi dengan HQTV.ID (HQTV Sports). Kamu bisa mendapatkan informasi terkini mengenai highlights, rumor transfer hingga isu-isu terkini mengenai Liga Premier League, Serie A, La Liga, bundesliga, Ligue 1 dan liga-liga lainnya.

Ikuti tulisan menarik Aldiano Hadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB