x

Penampilan anak-anak Sekolah Alam Indonesia Cibinong dalam acara "Indonesian Daya", di Cibinong, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Iklan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 25 Agustus 2019 06:52 WIB

Cara Kreatif Mengenalkan Indonesia Melalui Indonesia Day

Sekolah Alam Indonesia Cibinong menggelar acara bertajuk "Indonesian Day" di Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu, 24 Agustus 2019. Mengambil tema “Indonesia Kaya”, siswa-siswi dari jenjang TK hingga SD menampilkan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia dalam bentuk tarian, lagu daerah hingga drama.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia tak hanya memiliki luas geografis yang luar biasa. Keberagaman kehidupan bangsa Indonesia juga ditunjukkan dengan beraneka suku, adat, tradisi budaya, bahasa, etnis maupun agama.

Di tengah derasnya terpaan budaya asing, mengenalkan budaya Indonesia pada anak-anak sejak dini adalah hal yang sangat penting. Ketika memahami betapa beranekaragamnya budaya yang dimiliki Indonesia, maka anak-anak akan percaya diri bahwa bangsanya hebat. Mereka tak akan mudah terpengaruh dengan paparan budaya asing karena merasa bahwa budaya bangsanya sendiri sangat bagus dan beragam.

Upaya inilah yang diwujudkan melalui acara bertajuk “Indonesian Day” di Sekolah Alam Indonesia Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu, 24 Agustus 2019. Mengambil tema “Indonesia Kaya”, siswa-siswi dari jenjang TK hingga SD menampilkan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia dalam bentuk tarian, lagu daerah hingga drama. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari mulai kisah Si Kabayan yang sangat kental nuansa Sunda, tarian Poco-poco dari Sulawesi Utara, sejarah Kesultanan Demak hingga drama sejarah perjuangan Bung Tomo di Surabaya serta ragam kesenian lainnya, ditampilkan oleh anak-anak dengan gaya mereka. Seru dan menggemaskan.

Indonesian Day di Sekolah Alam Indonesia Cibinong

Tak perlu membayangkan bahwa mereka akan menampilkan nyanyian dengan suara emas, atau drama dengan akting ala film. Terlepas dari hal itu, penampilan jujur anak-anak tersebut  patut diacungi jempol dan disambut dengan senyuman kebanggaan.

Tak hanya bagi anak-anak, bagi para orang tua yang menonton pun tak melulu berupa kebanggaan melihat anaknya tampil di panggung , tetapi juga menambah referensi budaya dan sejarah dari berbagai daerah yang bisa saja belum diketahui. Melalui “Indonesian Day” inilah anak-anak dan orang tua belajar bersama dengan cara yang menghibur.

Selepas penampilan di panggung, mereka dipandu untuk berkeliling ke kelas-kelas yang telah disulap sebagai stand atau anjungan dari berbagai daerah. Tiap kelas menampilkan tema tertentu, misalnya daerah Minangkabau, kebudayaan Sulawesi Selatan atau tema tentang Nusa Tenggara Timur. Bak sedang berkeliling Indonesia, di tiap ruangan kelas mereka belajar mengenal kuliner, pakaian adat, sejarah hingga wisata unggulan yang ada di daerah.

Ternyata, belajar memang tak melulu dengan cara konvensional. Melalui kegiatan semacam ini menjadi bukti bahwa cara belajar bisa dikemas dengan acara yang kreatif dan menyenangkan.

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu