x

Babinsa Kenanten Koramil PurinSersa Akhmad Subandi saat mendampingibpetani mengairi lahan tanaman jagung

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 3 September 2019 07:44 WIB

Babinsa Kenanten Koramil Puri Proaktif Dampingi Petani Mengairi Tanaman Jagung

Mojokerto, – Upaya mendukung swasembada pangan di wilayah binaan, Babinsa Kenanten Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto Serda Akhmad Subandi melaksanakan pendampingan pengairan lahan yang ditanami jagung di Dusun Kenanten Desa Kenanten Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, – Dalam upaya mendukung swasembada pangan di wilayah binaan, Babinsa Kenanten Koramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto Serda Akhmad Subandi telah melaksanakan pendampingan pengairan lahan yang ditanami jagung di Dusun Kenanten Desa Kenanten Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (02/09/2019).  Pengairan lahan seluas 0,5 hektar milik Edi, Anggota Poktan Tani Rahayu IV, dusun/desa setempat yang ditanami jenis jagung Pioner berumur 50 hari, menggunakan diesel pompa air.

Serda Akhmad Subandi  menjelaskan bahwa jagung umumnya ditanam di lahan kering/ladang dan sawah. Agar hasil panen meningkat maka dibutuhkan suplay air yang cukup bagi tanaman jagung pada masa pertumbuhan dan perkembangan apalagi saat musim kemarau seperti sekarang ini.

“Untuk mengantisipasi kekeringan pada tanaman jagung akibat ketidakcukupan pasokan air terlebih di saat musim kemarau ini, maka disiasati dengan pompanisasi, dengan memanfaatkan sumur bor yang sudah tersedia di sawah atau ladang seperti yang dilakukan saat ini," kata dia.

Dia mengatakan untuk mendukung dan mensuksekan swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah, maka dia selalu proaktif mendampingi para petani di desa binaan guna meningkatkan produksi penen. "Selain itu, kegiatan pendampingan ini merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan dalam mendukung swasembada pangan khususnya komoditas jagung di wilayah Puri,” kata dia.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

15 jam lalu

Terpopuler