x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Rabu, 27 November 2019 08:13 WIB

Tenggok.com, Marketplacenya UKM se-Indonesia

Marketplace ini merupakan buatan PT.Tenggok.com pada tahun 2019 lalu. Serta memiliki kantor fisik beralamat di Maleber, Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dunia perekonomian terus berkembang dengan masuknya era teknologi saat ini. Hal tersebut memunculkan sebuah penemuan berupa pasar online yang banyak digandrungi oleh anak muda bangsa. Tidak terkecuali situs tenggok.com sebagai Marketplace UKM Indonesia sebagai pendompang pasar wangsa perekonomian masyarakat.

Mengenal Marketplace Tenggok.com

Seperti diketahui banyak Marketplace online berkembang di Indonesia. Di antara yang terbaik adalah Tenggok.com, dimana salah satu situs yang meyediakan jasa perdagangan elektronik (e-commerece). Platform tersebut menggunakan konsep customer to customer dalam pelaksanaannya.

Marketplace ini merupakan buatan PT.Tenggok.com pada tahun 2019 lalu. Serta memiliki kantor fisik beralamat di Maleber, Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Di dalamnya, penggunanya bisa leluasa melakukan pencarian barang dan toko penjual yang terdaftar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kategori barang yang dijual juga luas dan lengkap. Mulai elektronik, gaming, alat-alat kantor, mainan, sport, otomotif, komputer, sampai pada perlengkapan bayi. Hal tersebut dapat menjadikan nilai lebih menguntungkan bagi pelaksana bisnis UKM agar bisa berkembang.

Apa Saja Kelebihan dari Tenggok.com?

Eksistensi Tenggok sendiri masih berkembang namun akan mudah dikenal. Kedepannya mereka akan membuat sebuah aplikasi yang bisa didownload di AppStore ataupun GooglePlay layaknya e-commerce lain. Juga tersedia berbagai layanan serta fitur untuk memudahkan pengguna, seperti:

Jaminan Aman 100%

Proses jual-beli secara umum memiliki resiko berbagai penipuan atau kejahatan. Bisa terjadi kepada kedua belah pihak, dalam transaksi dagang konvensional. Apalagi jika menggunakan media online, dimana tidak terjadi tatap muka secara langsung.

Berbagai kejahatan penipuan sangat mungkin terjadi dalam dunia online biasa disebut dengan istilah scam. Namun meski begitu situs Tenggok.com menjamin transaksi antara penjual dan pembeli berjalan aman. Resiko terjadinya hal tersebut dapat diminimalisir dari penerapan sistem mereka. 

Pembayaran Tanpa Resiko Penipuan

Seperti diketahui bersama dalam proses transaksi jual-beli melibatkan pembayaran. Pada sistem perdagangan online tentu sangat mungkin muncul resiko penipuan. Namun Tenggok sudah mengatasinya dengan menggunakan berbagai jenis metode.

Dalam hal ini melaui transfer dengan berbagai bank yang telah dijamin midtrans. Di antaranya adalah Mandiri, BNI dan PermataBank dimana semuanya telah memiliki nama besar. Selain metode tersebut, juga ada lewat Alfamart bagi pengguna non-rekening.

Jasa Pengiriman Beragam

Seperti halnya jasa e-commerce lain setelah proses transaksi jual beli dilakukan. Maka selanjutnya barang akan dikirmkan melalui jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Namun kadangkala juga terjadi kesalahan atau area tidak bisa dijangkau.

Untuk masalah seperti area susah, hal itu tidak berlaku dalam layanan Tenggok.com. Hal tersebut karena mereka menggunakan berbagai jasa ekspedisi pengiriman. Di antaranya JNE, JNT, TIKI, POS, Ninja Ekspress, Sicepat, RPX, SAP, serta Lion Parcel, sehingga bisa menjangkau seluruh Indonesia. 

Good Customer Service

Dalam rangka menyediakan pelayanan maksimal kepada pengguna. Tenggok.com memberikan support jika terjadi kebingungan atau masalah. Melalui layanan lewat e-mail, conlcenter, serta  sosial media lain seperti facebook dan Instagram. Mereka juga akan tersedia selama 24 Jam untuk membantu.

Masalah memang kadang tidak bisa dihindari saat melakukan proses dagang. Dapat terjadi dari kedua belah pihak, pembeli ataupun juga penjual yang sama-sama memakai layanan. Namun, dengan respon serta pelayanan keluhan 24 jam dari Tenggok akan dapat membantu pengguna.

Salah Satu Marketplace produk UKM Indonesia

Kelebihan ini yang tidak banyak dimiliki oleh e-commerce lain yaitu pendukung UKM Indonesia. Seperti diketahui kebanyakan menyediakan produk-produk dari luar. Hal tersebut tidak akan mengembangkan potensi negeri.

Namun, Tenggok.com menampung agar barang hasil UKM yang ada di Indonesia dapat dikenal luas. Hal tersebut sangat membantu perekonomian mikro oleh masyarakat. Sehingga dapat mengurangi angka ketimpangan ekonomi yang terjadi.

Sedikit Kekurangan dari Tenggok.com

Dalam sebuah review pasti akan diulas tentang kelebihan beserta kekurangan. Hal tersebut agar penilaian menjadi adil. Tenggok.com sendiri bukannya tidak memiliki kelemahan, karena seperti diketahui tidak ada produk yang sempurna.

Apalagi dalam hal ini pihak tersebut merupakan e-commerce baru dan masih berkembang. Di antara kekurangan yang dimiliki adalah masalah masih sebatas website atau belum ada aplikasinya. Serta saat diketikkan beberapa kategori produk kadang tidak merespon.

Itulah tadi review situs tenggok.com sebagai Marketplace UKM Indonesia. Apa yang dicantumkan dalam artikel belum tentu sama dengan pemikiran orang lain. Karena memang bagus tidaknya kembali pada persepsi masing-masing individu dan semoga dapat sedikit membantu.

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu