x

KSP Moeldoko memberikan tanggapannya soal kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab, Rabu, 30 Oktober 2019.

Iklan

Andi Pujipurnomo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Oktober 2019

Selasa, 26 November 2019 22:31 WIB

Soal Rizieq, Pemerintah Jokowi di Atas Angin? Ini 3 Ucapan Lugas Moeldoko

Kabar baru sempat mencual soal kepulangan pemimpin Front Pembela Islam Rizieq Shihab. Hal ini disampaikan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Althagafi yang mengungkapkan bahwa masalah ini sedang dinegosiasikan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kabar  baru sempat mencual  soal kepulangan  pemimpin  Front Pembela Islam Rizieq Shihab. Hal ini disampaikan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Althagafi yang mengungkapkan bahwa masalah ini  sedang dinegosiasikan.

"Hal itu sedang dinegosiasikan oleh pejabat kedua negara. Kami berharap ini segera bisa diselesaikan,"  kata Esam di Kantor Kementerian Koordinator  Politik, Hukum dan Keamanan,  25 November 2019.

Hanya, Pemerintah  Joko Widodo tampak  berada di atas angin dalam urusan Rizieq.  Karena itulah,  para pejabat bersikap “lugas”  kendati Rizieq  tampaknya tidak bisa pulang karena dicegah  oleh Arab Saudi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko termasuk pejabat yang cukup ceplas-ceplos mengomentari urusan Rizieq.  Berikut ini sejumlah pernyataanya: 

1.”Apa yang Negoisasi, Pak Rizieq Mau Pulang, Pulang Saja…”
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku tidak tidak tahu secara teknis tentang negosiasi soal Rizieq.  “Kalau menurut saya sih apa yang dinegosiasikan? Tidak ada yang bermasalah sebenarnya. Pak Rizieq mau pulang, pulang saja, kan begitu," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, 26 Novmber 2019.

Moeldoko juga mengatakan   telah dapat informasi dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md bahwa tak ada pencekalan seperti yang diklaim Rizieq. Menurut dia,  Rizieq tak pernah berkoordinasi dengan Kedutaan Indonesia di Arab Saudi. Padahal, warga negara bisa meminta bantuan lewat Kedutaan jika mengalami masalah.

2.”Kan Pergi Sendiri, Kok… Dipulangi?
Moeldoko juga pernah menyarankan   agar pimpinan FPI  Riizieq Shihab, pulang sendiri ke Tanah Air. "Ya pulang sendiri saja. Kalau enggak beli tiket, tar baru gua beliin," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 9 Juli 2019.

Moeldoko mengaku heran dengan ramainya permintaan pemulangan Rizieq yang kini berada di Mekkah, Arab Saudi. Sebab, kata Moeldoko, sejak awal Rizieq pergi atas kemauannya sendiri. Bukan karena diusir pemerintah.

"Ya siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi pergi sendiri, kok dipulangin? Gimana sih? Emangnya kami yang ngusir? Kan enggak," katanya.

3.“ Nggak Ada yang Benci Sama Habib”
Moeldoko pernah menyanggah tudingan anggota Persaudaraan Alumni 212, Bernard Abdul Jabbar, yang menyebut Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, membenci imam besar Front Pembela Islam Rizieq Shihab.

“Enggak lah. Kami nggak ada yang benci sama Habib Rizieq. Siapa sih yang benci,” kata Moeldoko , seusai menghadiri acara diskusi di DPP GMNI, Jalan Cikini Nomor 69, Jakarta, Senin 22 Juli 2019.

Bernard sebelumnya mengomentari pernyataan Wiranto soal pelanggaran batas waktu tinggal atau overstay Rizieq Shihab di Arab Saudi yang menyebabkannya tidak bisa pulang. Bernard berkukuh bahwa Rizieq tak melanggar apapun, ia justru menuding Wiranto benci kepada Rizieq.

Menurut Wiranto, pemerintah Indonesia tidak menangkal maupun merekayasa agar Rizieq tidak kembali ke Indonesia. "Ada berita-berita yang bersangkutan ditangkal masuk ke Indonesia oleh pemerintah, tidak ada. Yang bersangkutan direkayasa untuk tidak kembali ke Indonesia, tidak ada," kata Wiranto.

***

Ikuti tulisan menarik Andi Pujipurnomo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu