Heboh Video Ceramah Ustad Somad: Kalau Isteri Minta Cerai, Ceraikan…Cari yang Lain… - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Video ceramah UAS

Dian Novitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Oktober 2019

Sabtu, 7 Desember 2019 13:46 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Heboh Video Ceramah Ustad Somad: Kalau Isteri Minta Cerai, Ceraikan…Cari yang Lain…

    Dibaca : 19.651 kali

    Kisah perceraian  Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan Mellya Juniarti kini menjadi perbincangan masyarakat. Orang kemudian  banyak yang mengamati lagi berbagai ceramah  UAS mengenai peran isteri dalam ajaran Islam, setelah UAS resmi menceraikan isterinya awal Desember ini.

    Jangan heran bila video lama UAS pun sekarang  diserbu orang.  Diantaranya, video  yang ditayangkan  oleh kanal Teropong Islam,  26 November 2017.   Video ini sudah ditonton oleh 1,4 juta pengunjung.

    Dalam video  sepanjang  delapan menit  tersebut,  Ustad Somad menjawab  pertanyaan seorang jamaah yang diajukan  lewat secarik kertas. 

    Pertanyaannya:  "Kalau kita bertengkar sama istri, tapi istri sering minta cerai. Apa hukumnya?

    Jawaban UAS:  "Ceraikan dia, dia minta(Penontoh  tertawa riuh)

    UAS menjawab sambil senyum: "Istri saya tak pernah minta cerai, seandainya dia minta saya ceraikan... Saya cari yang lain, nggak usah susah…,"   (Penontoh  tertawa riuh lagi….)

    UAS  berkata dengan bercanda:  Ustaz diminta serius….."

    Ustad kemudian berceramah  soal pentingnya menjalani bimbingan pranikah.Berikut ini petikanya:

     

    • “Ini  mau cerita  masalah hubungan suami isteri ini.   Saya tentu punya keluarga perempuan..Idealnya sebelum menikah saudara laki-kali maupun perempuan, kursus pranikah dulu. Supaya dia tau apa haknya  … dan kewajibannya.   

      Nasihat ustad dalam acara pernikahan itu tidak ada gunanya.  Yang saya setuju, kalau keluarga kita mau  nikah. Seminggu sebelumnya, duduk, panggil ustad.  Adapun.. tausiah ( acara pernikahan) hanya lipstik saja,, basa-basi……. 

      Panggil ustad  duduk…   baru diberi nasihat. .Anak perempuanku…. engkau punya hak lima terhadap suami.  Makan…pakaian..tempat tinggal…perhatian..pendidikan.   Membimbing ke jalan Allah, itu pendidikan.  Perhatian,  seksual masuk dalam perhatian.”

     

    Ia juga mengatakan  jika muncul masalah  rumah tanggah agar diselesaikan secara baik-baik. "Kalau ada masalah kecil, dia seperti api dalam sekam, maka harus dipadamkan, jangan dibiarkan sebab setan akan akan mengibasnya…"

    Penjelasan UAS soal perceraiannya
    Ketua Tim Kuasa Hukum UAS, Hasan Basri mengatakan, masalah dengan Mellya sudah berlangsung empat tahun.   Ustad Somad sudah berusaha mempertahankan pernikahan dan bertindak sebagai kepala keluarga yang baik, terutama dalam mendidik Mellya. “Namun tetap tidak berhasil dan tidak berubah,” kata Hasan.  

    “Di saat ketidak harmonisan rumah tangga terus terjadi dan tanpa solusi, perceraian bukan langkah mundur, mungkin bisa terjadi pada siapapun dan  manusiawi,” kata Hasan Basri.

    Reaksi mantan Isteri
    Mantan istri Abdul Somad,  Mellya Juniarti  menggugah  kata-kata menarik pada akun instagramnya pada Jumat, 6 Desember 2019.

    Pada unggahan tulisan di Insta Storynya, Mellya menyindir:  “Ada kaidah, semakin banyak informasi yang disampaikan, semakin besar celah orang untuk menelusuri lebih dalam. Bak pepatah, bagai menepuk air didulang terpecik muka sendiri."

    UAS dan Mellya menikah pada Oktober 2012. Sebelum menikah, Mellya pernah menuliskan satu tulisan menyentuh soal pernikahan di akun Facebooknya yang bernama Ummu Hadzig. Ia menuliskan tentang imam dunia dan akhirat. "Aku hanya ingin menikah sekali dalam seumur hidup, aku hanya ingin menjadi istri shalihah untukmu," tulis Mellya, 19 Agustus 2012 silam.

    ****


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.