Gadget Addiction Lebih Bahaya dari Corona, Benarkah? - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Elvanius Brilliant

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2020

Kamis, 20 Februari 2020 16:28 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Gadget Addiction Lebih Bahaya dari Corona, Benarkah?

    Dibaca : 2.230 kali

    Sampai saat ini, virus corona masih jadi hot topic dan heboh dibicarakan di media sosial dan berita. Tetapi sebenarnya ada yang tidak kalah mengerikan dari virus corona bahkan tidak ada vaksinnya.

    Apa itu? Ya, gadget addiction alias kecanduan gadget!

    Seberapa fatalnya akibat kecanduan gadget ini? Bisa dibilang sangat fatal. Sudah banyak sekali pengidap gadget addiction yang mengalami gangguan mental bahkan sampai korban jiwa.

     Lalu, bagaimana solusinya?

     

    1. Smartphone Detox

     Sama seperti diet kesehatan, diet mental pun perlu dilakukan salah satunya dengan cara Smartphone Detox. Caranya simple, stop pemakaian gadget 1 jam sebelum tidur. Lakukan secara konsisten maka akan menjauhkan Anda dari ‘virus’ Gadget Addiction.

     

    1. Jadilah Seorang Minimalism

    Apa itu minimalism? Minimalism merupakan sebuah gaya hidup yang populer di Jepang. Seorang minimalism akan mengurangi apapun yang kurang penting dalam hidupnya (pakaian, barang-barang koleksi pribadi, dll). Nah, Anda bisa mulai menjadi seorang minimalism dengan cara mengurangi aplikasi kurang penting di smartphone Anda. Dengan begitu, otomatis Anda akan mengurangi durasi pemakaian gadget dan hidup lebih bahagia minim distraksi.

     

    1. Percayalah, Tanpa Smartphone Hidup Anda Akan Baik-baik Saja

    Kenapa kita bisa candu terhadap gadget? Sederhana, karena pola pikir bahwa tanpa smartphone kita akan ketinggalan informasi. Padahal kenyataannya tidak seburuk itu, ketakutan semacam itu hanya ada di pikiran saja. Ya, kita tetap butuh smartphone sebatas untuk berkomunikasi dan sedikit entertain, tapi tidak untuk sampai menghabiskan seluruh waktu kita di sana. Percayalah, tanpa smartphone hidup Anda akan baik-baik saja.

    Tetapi bagaimana ceritanya jika anak kita yang mengalami kecanduan gadget (atau game online)?

    Nah, berbeda dengan 3 tips di atas, untuk anak remaja yang kecanduan gadget butuh treatment khusus.

     

    Dibahas tuntas pada artikel Blog milik salah satu tokoh Educator (Merry Riana) di Indonesia, tips bagaimana mengatasi kecanduan gadget pada anak di sini.

     

    Semoga bermanfaat. :)


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.