Pembangunan Infrastruktur Pemerintahan Desa di Berau

Senin, 9 Maret 2020 00:12 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Desa menjadi ujung tombak dalam pelayanan warga.

Pembangunan menjadi fokus utama pemerintah akhir-akhir ini. Pembangunan infrastruktur yang masif hampir terjadi di setiap lini kehidupan di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan jalan tol, jembatan, bandara, pos lintas batas negara. Pembangunan infrastruktur tersebut umumnya dilakukan oleh pemerintah pusat melalui dana APBN. Namun demikian, pembangunan infrastruktur tidak hanya terbatas pada pemerintah pusat, pemerintah daerah juga memiliki peran yang sama pentingnya dalam pendidikan. Salah satu pemerintah daerah yang serius membangun infrastruktur di daerahnya ialah Kabupaten Berau di Kalimantan Timur.

            Bupati Berau, H. Muharram baru saja meresmikan pembangunan kantor Kepala Kampung Sido Bangen di Kecamatan Kelay. Pembangunan kantor kepala kampung ini sepenuhnya menggunakan ADK atau alokasi dana kampung yang bersumber dari APBD Kabupaten Berau. Dengan pembangunan kantor kepala kampung ini diharapkan pelayanan terhadap masyarakat dapat ditingkatkan. Desa atau kampung memang menjadi ujung tombak dalam pelayanan pemerintahan, sebagai unit paling kecil dari pemerintahan, kampung memiliki andil besar dalam menjalankan berbagai program dan pelayanan yang diberikan negara kepada warganya. Salah satu pesan Bupati Berau, H. Muharram dalam peresmian kantor kepala kampung ini ialah, agar masyarakat dapat segera mendapatkan haknya, yakni dalam mengurus pendataan kependudukan seperti Kartu Keluarga, KTP, Akta Kelahiran, dan juga Kartu Indonesia Anak atau KIA. Data-data kependudukan ini menjadi penting, mengingat tanpa basis data kependudukan maka akan sulit bagi warga kampung dalam menerima berbagai manfaat dari bantuan dan program yang diberikan oleh pemerintah.

            Pembangunan kantor kepala kampung yang menggunakan ADK dari APBD Berau ini tentu harus diapresiasi. Hal ini menandakan bahwa Berau tergolong kabupaten yang cukup mandiri. Karena mampu menggunakan anggarannya sendiri dalam membangun fasilitas gedung pemerintahan yang bermanfaat bagi publik. Harapannya ke depan semakin banyak daerah mandiri yang mau memberikan pelayanan prima kepada warganya.

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Rizki Siahaan

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Pengelolaan Dana Kampung di Berau

Senin, 16 Maret 2020 15:55 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler