China Town Ala Jogja yang Instagramable - Travel - www.indonesiana.id
x

ria mza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Maret 2020

Senin, 23 Maret 2020 15:59 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • China Town Ala Jogja yang Instagramable

    Dibaca : 772 kali

    Mencari tempat wisata  dengan spot foto yang menarik dan instagramable? Tapi tidak mau jauh dari pusat kota? Ditambah dengan akses yang mudah? Mungkin bagi Anda  yang tinggal atau sedang berlibur di Jogja dan sedang mencari tempat wisata  dengan spot foto yang menarik dan instagramable bak di negeri China, Anda dapat mengunjungi Kampung Ketandan.

    Kampung ketandan ini sering disebut sebagai China Town ala Jogja karena di kampung ini banyak bangunan dan ornamen yang mirip dengan kota yang terdapat di negara china. Hal ini disebabkan karena kampung ini didominasi oleh orang-orang dari Etnis Tionghoa, makanya kampung ini sering juga disebut sebagai pecinan.

    Asal mula nama Ketandan berasal dari kata “Tondo” yang merupakan ungkapan untuk para pejabat penarik pajak atau Pejabat Tondo yang tugasnya diberikan langsung oleh Sultan Hamengkubuwono VII kepada warga yang berasal dari Etnis Tionghoa. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa Etnis Tionghoa memegang peran penting dalam perkembangan sejarah dan kebudayaan Yogyakarta yang berakar dari tradisi budaya jawa yang sangat kuat.

    Setiap bangunan yang ada di kampung ini sangat unik, karena didominasi oleh warna kuning dan merah. Hiasan lampion-lampion yang digantung di setiap bangunan menambah kesan seperti sedang berada di negeri China. Hampir setiap bangunan yang terdapat di Kampung Ketandan merupakan bangunan tua yang kebanyakan digunakan sebagai pertokoan. Oleh karena itu, Kampung ketandan menyimpan banyak sekali spot foto yang instagramable dan beda dari semua spot foto yang ada di Jogja.

    Gerbang masuk Kampung ketandan yang berada didekat Ramayana Mall Malioboro merupakan salah satu spot foto yang banyak diabadikan oleh wisatawan. Bukan hanya gerbang masuknya saja, pintu-pintu dan tembok-tembok bangunannya yang juga didominasi oleh warna merah dan kuning, bahkan sering dijadikan objek foto bagi para pecinta dunia fotografi. Keistimewaan yang lain dari Kampung Ketandan ini adalah Anda dapat menikmati suasana Kampung Ketandan sekaligus mengabadikan beberapa foto tanpa membayar biaya sepeserpun.

    Akses menuju Kampung Ketandan sangat mudah karena tempat ini terletak di pusat Kota Jogja. Tepatnya berada di sebelah utara pasar Beringharjo dan sebelah timur jalan Malioboro bagian selatan. Untuk Anda yang penasaran dengan Kampung ketandan direkomendasikan untuk datang pada pagi hari atau sore hari, karena pada waktu tersebut Kampung Ketandan masih terlihat sepi.

    Lokasi dari Kampung Ketandan ini juga sangat strategis karena tidak jauh dari tempat ini, Anda dapat menjumpai banyak pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan tempat yang bersejarah serta sarat akan budaya. Di Kampung Ketandan Anda juga akan disuguhi banyak rumah makan yang menyediakan berbagai kuliner yang dapat memanjakan lidah.

    Jadi, jika Anda sudah puas berkeliling untuk mencari spot foto, Anda juga bisa menikmati sajian lezat yang dapat menghilangkan rasa lapar. Karena didominasi oleh orang-orang dari Etnis Tionghoa, maka tidak heran jika rumah makan yang ada di tempat ini kebanyakan menjual menu chinese food.

    Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Kampung Ketandan?


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.