x

Investasi Saham

Iklan

WINDIYA SAPUTRI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Maret 2020

Jumat, 27 Maret 2020 09:29 WIB

Etika Investasi di Pasar Modal Syariah dalam Bayangan Covid-19

Industri keuangan termasuk pasar modal syariah menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat wabah Covid-19 ini. Bagaimana tidak, industri keuangan sangat dipengaruhi oleh kemampuan produktifitas masyarakat, terutama berkaitan dengan kemampuan pembayaran kredit atau pembiayaannya. Apakah investor mesti mengalihkan dananya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah anda sudah pernah menonton film Birds of Prey? Film dengan tokoh utama wanita yang dikisahkan sebagai mantan kekasih Joker ini ditengarai tidak bisa mencapai target Box Office karena Covid-19. Bagaimana bisa? Selain kritik tajam oleh kritikus film tentang film ini, terutama pada judul yang dirasa kurang menjual dan lain-lain, jumlah penonton film ini dirasa kurang akibat menurunnya jumlah penonton yang berasal dari Cina.

Hal ini bukan suatu kemungkinan yang berlebihan atau tidak mungkin, karena Cina adalah perekonomian terbesar kedua di dunia sekaligus pasar konsumen yang besar untuk produk apapun. Bahkan beberapa film diputuskan untuk ditunda penayangannya karena penetapan Covid-19 sebagai pandemi oleh WHO, sehingga dirasa perlu untuk dilakukan proses social distancing secara menyeluruh.

Pembahasan mengenai Covid-19 sudah menerobos transdisiplin ilmu, bukan lagi dalam bahasan kesehatan saja. Pandemi global di zaman modern ini kemudian menjadi sorotan masyarakat dunia, terutama mengenai dampaknya terhadap aspek multidimensi kehidupan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pandemi Covid-19 ini sudah mempengaruhi peradaban masyarakat global secara politik, ekonomi, social, psikologi, dan lain-lain. Adapun berbagai bidang ini memiliki hubungan yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Ekonomi dan keuangan adalah bidang yang paling dipengaruhi. Segala keputusan yang diambil pemerintah suatu negara juga akan mempengaruhi ekonomi dan keuangan masyarakatnya.

Ekonomi dan keuangan di Indonesia juga menimbulkan kekhawatiran berbagai pihak karena kurang produktifnya masyarakat akibat himbauan untuk tidak keluar dari rumah jika tidak ada urusan mendesak. Di dunia kerja, beberapa perusahaan sudah meliburkan karyawannya, beberapa sudah menerapkan pengurangan jam kerja atau menerapkan sistem shift untuk mengurangi kontak, dan beberapa memberlakukan system bekerja dari rumah.

Kontroversi sistem lockdown yang belum menemui titik temu, juga menjadi salah satu pertimbangan agar ekonomi tidak lesu, karena belum ada kepastian dari pemerintah apakah mereka mampu mencukupi kebutuhan masyarakat, yaitu dengan memberikan bantuan langsung tunai, dengan harapan kebutuhan pokoknya tetap terpenuhi.

Selanjutnya: Dampak pada kinerja saham syariah

Ikuti tulisan menarik WINDIYA SAPUTRI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB