Kenali Penyakit Laringitis Yang Diderita Penyanyi Billy Surya Dilaga - Seleb - www.indonesiana.id
x

Muhammad Aga

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Januari 2020

Selasa, 31 Maret 2020 12:09 WIB
  • Seleb
  • Berita Utama
  • Kenali Penyakit Laringitis Yang Diderita Penyanyi Billy Surya Dilaga

    Dibaca : 1.713 kali

    Jakarta - Sebagai seorang penyanyi atau professional voice users seperti aktor, guru, mc, resepsionis, termasuk penyanyi, tentu suara merupakan bekal utama dalam hal ini. Terlebih profesi tersebut memang mengharuskan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh serta suara. Karena jika badan pun tidak fit, maka suara yang dihasilkan pun akan menjadi tidak prima dan tentu akan sangat mengganggu pekerjaan.
     
    Baru-baru ini, penyanyi Billy Surya Dilaga ceritakan sedang alami laringitis. Hal tersebut ia ungkapkan melalui video di akun media sosial Instagramnya. Dia menceritakan bahwa ia kehilangan suara dan serak sejak tiga hingga empat hari lamanya, padahal ungkapnya seharusnya dia harus menyanyi di pekan ini namun karena kondisinya tersebut ia mengurungkan niatnya karena takut kacau.
     
    Billy juga menceritakan kondisinya bahwa ia merasa ketika berbicara ia merasakan tegang di leher dan pundak. Selain itu ia juga merasakan harus mengeluarkan banyak energi hanya sekedar untuk berbicara saja.
     
    Untuk yang belum familiar dengan penyakit Laringitis, menurut AloDokter, laryngitis atau penyakit laringitis adalah peradangan yang terjadi pada laring, yaitu bagian dari saluran pernapasan di mana pita suara berada. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penggunaan laring yang berlebihan, iritasi, atau infeksi. 
     
    Laringitis juga dibagi dua jenis yakni akut dan kronis. Gejala yang biasa terjadi pada penderita laringitis yakni seperti tenggorokan kering, sakit tenggorokan, batuk, rasa tidak nyaman di tenggorokan, hingga demam.
     
    Laringitis biasanya disebabkan oleh beberapa hal yakni seperti cedera pada pita suara, infeksi virus ataupun bakteri, kebiasaan merokok, alkohol, menggunakan suara secara berlebihan dalam jangka waktu lama seperti yang biasa dilakukan oleh penyanyi. Gejala laringitis akut bisa berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu.
     
    Llaringitis bisa disebut kronis jika berlangsung lebih dari tiga minggu. Sebagian gejala ini dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.