Douglas C-47A-30-DL ( Dakota DC3 ) Mandala Airlines PK-VDM - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Pesawat Dakota DC3

Herman Sjah Tahir

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 April 2020

Selasa, 14 April 2020 07:29 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Douglas C-47A-30-DL ( Dakota DC3 ) Mandala Airlines PK-VDM

    Dibaca : 1.961 kali

    Douglas C-47A-30-DL ( Dakota DC3 ) Mandala Airlines PK-VDM

    Apabila kita melewati Jl Jend MT Haryono kearah barat dari arah Cililitan , disebelah kiri akan terlihat LAKESPRA SARYANTO yang dihalaman depannya terdapat sebuah pesawat TNIAU dengan registrasi militer AURI T459, tampak sangat terawat walaupun ditempatkan pada alam terbuka.

    Pesawat Douglas C47 AURI T459

    Sosok tersebut merupakan pesawat Douglas C-47A-30-DL (versi militer dari DC3) yang di Indonesia populer dengan sebutan Dakota DC3. Entah kapan sebutan ini menjadi populer di Indonesia, mengingat nama Dakota untuk pesawat ini diperkenalkan oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) yang mempunyai tradisi memberi nama pesawat sesuai dari mana pesawat berasal. Berasal dari singakatan DACoTA dari Douglas Aircraft Company Transport Aircraft yang akhirnya populer dengan panggilan Dakota. Selain itu pesawat ini juga dikenal sebutan Sky Train dan Gooney Bird.

    Dakota T459 AURI ini mempunyai sejarah panjang,  dimulai dari penugasan pertama sampai akhirnya diabadikan di halaman Lakespra Saryanto.

    Pesawat produksi 1943 di Douglas Long Beach Amerika, mulai aktif dalam aramada pesawat RAF pada Mei 1943, setelah itu masuk dalam armada ML-KNIL (Militaire Luchtvaart – Koninklijke Nederlandsch Indische Leger) atau Angkatan Udara Hindia Belanda dengan registrasi DT-959.Pada Mei 1950.

    Setelah penyerahan kedaulatan Indonesia dari kerajaan Belanda, pesawat ini masuk kedalam armada pesawat RAAF (Royal Australian Air Force) dengan registrasi VH-REM.Selepas dari RAAF pesawat ini menjadi pesawat komersial KLM dgn registrasi PK-REM.

    Akibat dari Pernjanjian Meja Bundar, bahwa semua armada pesawat ML-KNIL harus diserahkan kepada Indonesia akhirnya pesawat ini masuk kedalam Angkatan Udara Republik Serikat dengan registrasi militer T-459.

    Setelah hampir 20 tahun didalam TNI AU pada tahun 1979 pesawat ini masuk dalam maskapai pernerbangan Sipil Komersial dalam negeri Mandala Air (sebelum akhirnya menjadi Mandala Airlines ) dan mendapat registrasi sipil PK-VDM.

    Mandala Air adalah maskapai pernerbangan sipil komersial yang didirikan pada tahun 1969 oleh PT Dharma Kencana Sakti merupakan unit usaha dari Yayasan Dharma Putra dalam naungan Kostrad.

    Pesawat Douglas C47 AURI T459

    Gambar diatas diambil pada September 1982 di Bandara Kemayoran oleh pengamat dunia penerbangan bernama Jan Koppen dan ketika itu Mandala Air telah berubah menjadi Mandala Airlines.

    Pada hidung pesawat jelas terbaca PENAS, bukan merupakan nama dari pesawat (nose name) yang ketika itu jama tradisi memberi nama pada setiap pesawat terbang.

    Rupanya ketika gambar diambi, pesawat Dakota tersebut sedang disewa oleh PENAS (Perusahaan Negara Aerial Survey) untuk kegiatan survei udara.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.