x

ilustr: Aging Later

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 21 April 2020 06:14 WIB

Anda Tidak Pernah Terlalu Tua untuk Seks yang Hebat

Mitosnya adalah penuaan menewaskan seksualitas. Yang benar adalah bahwa sementara banyak warga senior "pensiun" dari bercinta, banyak juga yang lain tidak, bahkan semakin senior justru semakin sexy. Seks tak selalu harus soal berhubungan intim.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kepuasan seksual 'tidak' tergantung pada usia.

Mitosnya adalah penuaan menewaskan seksualitas. Yang benar adalah bahwa sementara banyak warga senior "pensiun" dari bercinta, banyak yang juga yang lain tidak - dan semakin senior justru semakin sexy. Salah satunya adalah Joan Price, berusia enam puluhan waktu itu, dengan bukunya yang sangat bagus, Naked At Our Age: Talking Out Loud About Senior Sex (2011, Seal Press) menceritakan bagaimana, pada usia 57, ia jatuh cinta dengan pria yang berusia 64 tahun. Mereka menikah dan menikmati seks yang panas dan memuaskan selama bertahun-tahun sampai dia meninggal.

Panas erotis pernikahan mereka mengilhami Price untuk menulis bukunya, yang membahas semua aspek seks senior. Ini komprehensif, penuh kasih sayang dan sangat membuka mata. Bacalah dan anda tidak akan pernah lagi berpikir bahwa ada orang yang "terlalu tua" untuk seks yang hebat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tentu saja, penuaan membawa perubahan seksual (lebih lanjut tentang ini sebentar lagi). Dibandingkan dengan kegilaan seks remaja, seks yang lebih tua juga kurang bersemangat, kurang seperti kembang api Fourth of July dan lebih seperti Thanksgiving yang nyaman. Tetapi bagi banyak orang tua (kebanyakan?), minat terhadap seks tetap kuat.

Jika anda bermain-main dan memiliki pikiran terbuka, tidak sulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan erotis yang ditimbulkan oleh penuaan dan menikmati seks yang memuaskan hingga usia 90-an. Faktanya, seperti yang dikatakan oleh Joan Price, seks yang lebih tua bisa menjadi peningkatan dibandingkan seks yang lebih muda - membawa sensualitas yang lebih besar, keintiman yang lebih dalam, dan kepuasan yang lebih erotis.

Berapa banyak orang tua yang melakukan hubungan seks? Beberapa tahun lalu, para peneliti University of Chicago mensurvei kehidupan seks dari sampel yang representatif secara nasional, usia 57 hingga 85 tahun. Responden ditanya apakah mereka pernah melakukan hubungan seks pasangan selama 12 bulan sebelumnya.

Pria menjawab ya:

57 hingga 64: 84%
65 hingga 74: 67%
75 hingga 85: 39%

Wanita menjawab ya:

57 hingga 64: 62%
65 hingga 74: 40%
75 hingga 85: 17%

Lebih dari setengah pria aktif secara seksual hingga usia 75 tahun, wanita hingga 65 tahun. Setelah itu, alasan utama perubahan adalah kondisi medis (diabetes, penyakit jantung, dan lain-lain.) Dan kehilangan pasangan.

Selanjutnya: Seks tak selalu harus berhubungan seksual

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu