x

Tips Aman Parkir Mobil Tentunya Menjadi Kebutuhan Banyak Pihak Karena Tidak Mau Terjadi Hal Hal yang Tidak Diinginkan

Iklan

Wahyu Blahe

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Mei 2020

Rabu, 13 Mei 2020 10:19 WIB

Tip Aman Parkir Mobil

Tips Aman Parkir Mobil - Bagi pengendara mobil yang pemula, memarkir mobil tentu harus ekstra hati-hati. Jika tidak, mobil akan tergores dan bisa fatal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Bagi pengendara mobil pemula, memarkir mobil tentu harus ekstra hati-hati. Jika tidak, mobil akan semakin tergores atau semakin bertambah fatal. Kerusakan bisa terjadi akibat kecerobohan Anda sendiri dalam mengemudikan mobil.

Salah satu parameter dalam menentukan apakah seseorang sudah mahir atau belum mengemudikan mobil adalah saat memarkirkan mobil. Memarkir mobil dengan aman pada saat terbagi atas 2, yakni aman dari kecelakaan dan selamat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut ini adalah tips parkir mobil aman.

Parkir di tempat umum

Di tempat parkir umum disediakan tanda yang membentuk garis-garis yang menjadi pembatas antara mobil yang satu dengan mobil yang lain. Garis-garis ini dibuat dengan memerhatikan lebar mobil secara umum. Ikuti garis ini saat memarkir kendaraan, agar mobil tidak menyenggol mobil yang sudah parkir di sebelah kanan dan kiri. Hal ini juga aman dari pencurian.

Pilih area Parkir yang mudah

Pilihlah area parkir yang memudahkan Anda memarkirkan kendaraan, misalnya parkir yang dekat dengan pintu masuk. Tetapi jika Anda sulit memarkirkan kendaraan di situ, lebih baik Anda mencari tempat parkir yang agak jauh. Yang penting Anda mudah untuk memarkirkannya.

Posisi mobil

Atur posisi mobil tepat di tengah ruang parkir, jika agak minggir ke satu sisi (kanan atau kiri), sehingga mobil Anda tidak terserempet mobil yang akan parkir atau keluar di kanan Anda. Selain itu, hindari memarkirkan kendaraan di area yang berdempet kanan-kirinya dengan mobil lain. Anda juga dapat memarkirkan kendaraan yang dibatalkan agar lebih mudah melakukan kompilasi mobilnya nanti.

Pelindung ujung pintu

Gunakan pelindung ujung pintu. Selain membuat pintu mobil juga sedikit berbenturan, juga berjalan sebagai pelindung saja.

Atur Spion

Spion mobil menjadi sangat penting saat kamu memarkir mobil. Untuk itu, aturlah spion, spion kanan kiri dan spion dalam mobil dan jika ada spion yang menempel pada kaca belakang mobil. Spion mobil adalah:

1. Atur sudut kemiringan spion hingga spion bagian kanan mampu melihat ujung mobil bagian kanan belakang mobil

2. Atur spion sebelah kiri untuk melihat ujung bodi mobil bagian belakang (kiri)

3. Atur Spion untuk melihat lurus ke belakang

4. Spion belakang juga bisa digunakan untuk melihat trek dan sedekat apa bumper dengan pembatas parkir

Buka Jendela

Saat memarkir mobil, Sebagian besar parkir mundur, Anda tidak dapat melihat dari spion kaca. Melihat langsung dengan menoleh ke belakang Tentu lebih tepercaya. Karena itu, turunkan jendela, yang ada di sebelah kanan atau di sebelah kiri, agar lebih mudah melihat ke belakang.

Alat Bantuan

Mobil yang sudah dilengkapi dengan alat bantu parkir, bisa memudahkan kamu dalam memarkir mobil, misalnya kamera belakang atau sensor bunyi. Anda dapat menggunakan alat bantu kedua untuk memarkirkan kendaraan mundur Anda. Namun, jangan melihat kamera layar di dashboard mobil, kamera sebab hanya menampilkan apa yang ada di belakang Anda, tidak yang di samping mobil. Anda tetap harus menoleh ke kanan dan kiri untuk mengatur tidak menyenggol mobil lain.

Konsentrasi

Saat kamu sudah dalam posisi untuk memarkirkan kendaraan, matikan musik di dalam mobil dan jangan sambil mengobrol dengan penumpang lain. Selain itu, jangan lompat - buru, hanya karena ada mobil di belakang Anda yang terus-menerus berhasil mengalahkan klakson. Abaikan saja dan teruskan memarkirkan kendaraan dengan baik. Juga, jangan terpancing dan coba-coba untuk melihat seseorang bersiap untuk masuk mobil. Hanya ini yang terjadi saat areal parkir cukup padat dan ruang parkir yang kosong jadi sangat berharga tergantung pada mobil yang ada di sekitarnya. Terlambat, tabrakan kecil bisa terjadi.

Hindari mobil yang lebih besar

Hindari parkir di antara mobil yang melebihi mobil Anda agar teh dari pengutil spion ataupn pencuri tape audio. Mobil yang mudah terlihar di area parkir akan membuat pencuri segan beraksi.

Periksa jok belakang

Bagi pengendara wanita, selalu periksa kembali sebelum masuk ke mobil untuk menghindari kasus pemerkosaan. Selain itu, pilihlah tempat parkir yang terang agar jok belakang terlihat dengan mudah.

Jangan tinggalkan barang berharga

Jangan biarkan barang berharga atau kantong berisi belanjaan, karena pencuri akan terpancing untuk membongkar kaca atau pintu mobil Anda. 

Matikan mesin

Meskipun kamu sedang berada di parkiran depan rumah atau garasi, jangan tinggalkan mobil dalam keadaan mesin dibuka. Hubungi terus mobil Anda jika sedang memanaskan mesin mobil dan matikan mesin jika mobil akan ditinggal.

Simpan kartu parkir di saku atau dompet

Beberapa tempat parkir yang mengutamakan keamanan akan meminta kartu parkir dengan STNK saat pengemudi ingin keluar dari tempat parkir. Oleh karena itu, sebisa mungkin tidak perlu kartu parkir di dalam mobil karena itu akan memudahkan pencuri mobil dalam menjalankan aksinya. Begitu diundang dengan parkir valet, tetaplah siapkan dan jangan diundang STNK dan kartu parkir di dalam mobil yang dibuka.

Gunakan GPS

Perangkat GPS merupakan salah satu cara untuk mencari tahu kemana pencuri mobil yang dibawa lari kendaraan Anda. Walau hanya menggunakan beberapa saat sebelum disadari pencuri, GPS merupakan cara termudah bagi Anda untuk mendapatkan kembali mobil yang telah dicuri.

Baca: seva mobil bekas

Demikian informasi tentang Tips Aman Parkir MObil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

Ikuti tulisan menarik Wahyu Blahe lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler