x

Iklan

KKN SUMBEREJO KULON 2020

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juni 2020

Sabtu, 27 Juni 2020 13:22 WIB

Ayo Mengenal Desa Kita: Potensi Wisata dan Makanan Lokal Desa Sumberejo Kulon

Mahasiswa KKN UM Ilpus-6 melaksanakan proker terkait "Pengembangan Potensi Wisata Desa dan Pengenalan Makanan Lokal Tradisional" pada Jum'at, 26 Juni 2020 pukul 15.30 di Channel Youtube KKN SUMBEREJO KULON 2020.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Potensi wisata alam yang ada di Indonesia sangat banyak, khususnya di daerah pedasaan. Saat ini banyak desa yang mengembangkan konsep desa wisata. Setiap daerah mempunyai ciri khas dan karakteristik tersendiri yang menonjol seperti kondisi alam, sosial kultural dan aspek lainya.

Di era saat ini yang semakin maju banyak berbagai cara dan strategi dalam mengangkat potensi wisata suatu daerah. Sebagai upaya untuk mendukung hal tersebut, sekelompok mahasiswa Ilmu Perpustakaan mengadakan sosialisasi terkait “Strategi Pengembangan Potensi Wisata Desa”. Program tersebut merupakan salah satu proker KKN yang mereka laksanakan di edisi Covid-19 di Desa Sumberejo Kulon.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara daring yang disiarkan secara langsung di channel You Tube KKN Sumberejo Kulon 2020. Kegiatan tersebut tepat dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juni 2020 dimulai pukul 15.30 WIB, yang dihadiri oleh 100 lebih peserta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung pengembangan potensi yang ada di desa khusunya Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Sehingga dengan pengembangan potensi wisata tersebut mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Selain kegiatan sosialisasi tersebut mereka juga melakukan promosi dan pengenalan makanan lokal tradisional Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Makanan tersebut diantaranya punten, tiwul, kicak, sego punar dan lain sebagainya. Pengemasan konsep promosi makanan sangatlah menarik karena dibuat video animasi dan buku resep makanan yang dikemas secara online yang menjelaskan cara pembuatannya serta makna dibalik makanan tersebut.

Pengenalan makanan khas ini diharapkan makanan tradisional mampu tampil dan dikenal oleh generasi saat ini sehingga mampu bersaing dengan makanan-makanan cepat saji lainnya dan agar keberadaannya semakin dikenal dengan harapan agar tetap ada dan kelak dapat mendunia.

Kegiatan diatas sangat mendaptakan partisipasi positif dari masyarakat, hal ini terlihat dari komentar-komentar yang diutarakan oleh peserta. Selain itu peserta sangat antusias hal ini terlihat live chat yang terus bergulir dari peserta. Meskipun kegiatan ini sasaran utamanya adalah masyarakat Desa Sumberejo Kulon, namun kegiatan ini juga dibuka untuk umum.

Ikuti tulisan menarik KKN SUMBEREJO KULON 2020 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler