x

Iklan

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 25 Juli 2020 07:50 WIB

3 Tip Atur Duit Biar Bisa Berkurban di Idul Adha

Perlu di sadari bahwa yang namanya hewan kurban itu dari tahun ke tahun selalu naik. Harga seekor kambing biasa di harga Rp3,5 juta dan harga sapi atau kerbau bisa mulai Rp.15 juta.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kebutuhan akan hewan kurban jelang Idul Idha yang sudah di depan mata terus meningkat. Pun pada masa pandemi Covid-19, hewan kurban mulai dari kambing, domba, sapi hingga kerbau banyak diminati.

Tak mengherankan, saat ini penjual hewan kurban mulai menjamur di pinggir-pinggir jalan hingga sudut-sudut gang. Tak hanya offline, penjual hewan kurban juga marak secara online. Dengan demikian, pembelian hewan kurban pun makin mudah.

Masalahnya, kondisi ekonomi saat ini bisa jadi membuat animo membeli hewan kurban menurun. Kondisi keuangan memang perlu diperhitungkan matang-matang karena wabah Covid-19 tak seorang pun yang tahu kapan akan berakhir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Wabah Covid-19 membuat perekonomian benar-benar lesu. Keuangan terganggu. Oleh sebab itu, keuangan perlu diatur sedemikian rupa. Pun bagi kamu yang ingin berkurban pada Idul Adha 2020 ini ada baiknya berdasarkan pertimbangan yang matang.

Berikut ini 3 tip yang layak dipertimbangkan dalam mengelola duit biar tetap bisa berkurban pada Idul Adha 2020 yang tinggal menghitung hari:

1. Cek Harga Hewan Kurban
Jenis hewan kurban ada sapi, kerbau dan kambing. Alangkah baiknya, langkah pertama yang wajib dilakukan yakni mengecek harga hewan kurban yang diinginkan. Perlu di sadari bahwa yang namanya hewan kurban itu dari tahun ke tahun selalu naik. Harga seekor kambing biasa di harga Rp3,5 juta dan harga sapi atau kerbau bisa mulai Rp.15 juta. Duit segitu bagi segelintir orang mungkin kecil, tetapi bagi kebanyakan orang cukup besar. Apalagi, kondisi pandemi saat ini telah melambatkan perekonomian.

2. Temukan Skema Berkurban
Berkurban saat Idul Adha memang harus realistis dengan keuangan yang dimiliki, terlebih untuk saat ini. Semisal tidak mampu berkurban secara perorangan, bisa juga ramai-ramai patungan. Apa pun bentuk atau skema patungannya, prinsip utamanya adalah keuangan yang dikeluarkan tidak mengacaukan kondisi keuangan secara tragis. Kalau pun dengan skema arisan keluarga, tetangga atau kompleks, perlu diperhatikan kesepakatan mengenai cara pembayaran, jumlah peserta, jangka waktu, dan jumlah arisannya. Dengan perencanaan yang matang maka berkurban bisa dilaksanakan.

3. Menabung Reksa Dana Syariah
Kalau pada tahun ini benar-benar lagi bokek, jangan dipaksakan untuk berkurban. Bagaimana pun, yang namanya berkurban itu bisa disiasati dengan persiapan jauh hari yang dilakukan secara konsisten, salah satunya dengan menabung reksa dana syariah yang memang sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Islam. Menabung reksa dana syariah saat ini sudah sangat mudah dan terjangkau semisal melalui supermarket reksa dana online bernama IPOTFUND besutan PT Indo Premier Sekuritas. Beragam pilihan reksa dana syariah bisa dipilih dengan dana yang terjangkau sejak kini untuk membeli hewan kurban di tahun-tahun mendatang. Kuncinya, persiapkan komitmen dan niat yang kuat untuk menjalakannya.

 

Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler