Fungsi Sekat Ruangan dan Contoh Desain Sekat Ruangan Minimalis - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Rabu, 16 September 2020 11:11 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Fungsi Sekat Ruangan dan Contoh Desain Sekat Ruangan Minimalis

    Tak sekedar sebagai pembatas ruangan saja, ternyata sekat ruangan juga memiliki berbagai fungsi loh. Apa saja fungsi tersebut? Simak di artikel ini

    Dibaca : 539 kali

    Ketika rumah sudah selesai dibangun, dan Anda membutuhkan tambahan ruang tiba-tiba tanpa rencana serta butuh pembeda antar ruang, tentu Anda tidak bisa memilih menggunakan tembok, untuk itu, hadirlah sekat atau partisi sebagai solusinya. Kehadiran sekat atau partisi sama fungsi yang kurang lebih seperti dinding. Namun, tidak seperti dinding, batas ini tidak permanen, sehingga dapat diubah atau diganti-ganti.

     

    Fungsi-fungsi sekat sendiri kurang lebih sama seperti tembok, seperti yang sudah saya katakan tadi. Namun, sekat sendiri memiliki fungsi yang hanya dimilikinya dan tidak dimiliki tembok dan begitu juga sebaliknya. Lalu, apa saja fungsi dari sekat itu sendiri? Simak di bawah ini ya.

     

    1. Membagi Area Ruangan Rumah dengan Budget yang Sedikit

    Fungsi pertama penggunaan sekat tentunya adalah sebagai penyekat antara satu ruangan dengan ruangan lain. Namun, yang membedakan antara sekat dan tembok permanen adalah budget yang digunakan untuk membagi area ruangan rumah itu sendiri.

     

    Penggunaan partisi atau sekat dapat menghemat biaya yang harus Anda keluarkan untuk membagi suatu ruangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihatnya dari segi biaya, sekat rumah minimalis memiliki harga yang lebih murah dalam pengerjaannya bila dibandingkan dengan pemasangan sekat ruangan permanen seperti tembok.

     

    2. Mendefinisikan Fungsi Suatu Ruang di dalam Ruangan

    Untuk fungsi kedua kali ini sebenarnya sama saja dengan fungsi sekat ruangan permanen alias tembok, yaitu untuk mendefinisikan kegunaan atau fungsi dari sebuah ruangan.

     

    Fungsi utama dari sebuah sekat ruangan adalah mendefinisikan kegunaan atau fungsi dari sebuah ruangan yang akan Anda pisahkan dengan ruangan lainnya, sehingga aktifitas pada masing-masing ruangan di rumah dapat dibuat lebih spesifik dan jelas.

     

    3. Sebagai Hiasan Interior Rumah

    Tidak hanya berfungsi sebagai penyekat ruangan layaknya tembok. Sekat juga memiliki fungsi lain loh, partisi atau sekat ruangan dapat Anda gunakan sebagai hiasan interior rumah. Anda bisa memilih desain partisi minimalis beserta hiasannya untuk mempercantik tampilan interior rumah Anda.

     

    Dengan memiliki partisi ruang minimalis beserta hiasannya yang disesuaikan dengan konsep desain rumah yang kita pilih dan sukai, tentunya dapat membuat tampilan kita terlihat lebih wah dari sebelumnya.

     

    Itu dia fungsi sekat ruangan minimalis, meski sama-sama sebagai penyekat ruangan, tapi ternyata sekat ruangan minimalis ini memiliki fungsi yang tidak dimiliki oleh tembok atau sekat ruangan permanen, ya.

     

    Berikut ini rekomendasi desain sekat ruangan minimalis yang bisa Anda coba gunakan untuk runah Anda.

     

    1. Sekat ruangan minimalis yang pertama ini memilki tampilan yang simpel, elegan, dan minimalis. Jika dilihat sekilas, nampaknya desain sekat ruangan minimalis di bawah ini cocok dengan banyak konsep desain ruangan.

     

     

    2. Sekat ruangan minimalis yang kedua ini memunculkan kesan hangat, warna kayunya dan lighting ruangan yang mendukung membuatnya terlihat seolah-olah memancarkan kehangatan. Sekat ruangan minimalis ini cocok Anda gunakan apabila rumah Anda memiliki konsep desain interior yang warm dan minimalis.

     

     

    3. Sekat ruangan minimalis yang ketiga ini tampak sangat unik, simpel dan minimalis. Seperti desain sekat ruangan minimalis yang pertama tadi, jika dilihat sekilas nampaknya desain sekat ruangan minimalis yang ketiga ini juga cocok dengan banyak konsep desain interior ruangan.

     

     

    Demikian penjelasan mengenai fungsi sekat ruangan dan contoh rekomendasi desain sekat ruangan minimalis yang bisa saya sampaikan. Sekian dan semoga artikel kali ini bermanfaat.

     

    Sumber referensi gambar : https://www.sentrarumah.com

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.