Antusiasme Tinggi Siswa SMK Nusantara 02 Kesehatan Ciputat, Pelatihan Retorika Daring Sasindo Unpam Sukses - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

DWI SEPTIANI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Januari 2020

Jumat, 25 September 2020 17:53 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Antusiasme Tinggi Siswa SMK Nusantara 02 Kesehatan Ciputat, Pelatihan Retorika Daring Sasindo Unpam Sukses

    PKM Daring Prodi S-1 Sastra Indonesia Unpam

    Dibaca : 600 kali

    Jakarta (12/9/2020) Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah pasti ada tentang keterampilan menulis dan berbicara. Keterampilan berbicara erat kaitanya dengan ceramah atau praktik retorika, mengungkapkan gagasan, dan menanggapi suatu masalah terkait dengan pembelajaran. Faktanya, kerap muncul kesalahan strategi penulisan teks ceramah, misalnya ketidaktepatan penerapan ejaan baku, ketidaktepatan struktur kalimat, sampai pada ketidaktepatan pilihan kata (diksi). Hal ini berefek negatif pula terhadap keterampilan berbicara siswa, khususnya saat praktik retorika (ceramah) karena praktik tersebut berdasarkan pada teks ceramah yang mereka tulis sebelumnya.

     

    Pada masa pandemi virus Covid-19 yang masih menghantui saat ini, Tim dosen dari Program Studi S-1 Sastra Indonesia yang terdiri dari Dwi Septiani, S.Hum., M.Pd., Rerin Maulinda, S.Pd.,M.Pd., Desi Karolina Saragih, M.Pd., dan Aryani, M.Pd. tetap semangat melaksanakan Tri Dharma Pergurun Tinggi walaupun secara daring (virtual). Tema PKM yang diangkat kali ini adalah “Pelatihan Daring Praktik Retorika dalam Keterampilan Menulis Teks Ceramah Siswa Kelas XI di SMK Nusantara 02 Kesehatan”.

     

    PKM virtual ini dilaksanakan pada 7 s.d. 11 September 2020 dengan media Google Meet. Para siswa SMK Nusantara 02 Kesehatan yang berjumlah sekitar 80 siswa dan 4 guru pendamping sangat antusias mengikuti setiap rangkaian pelatihan retorika yang disampaikan para narasumber selama 5 hari. Selain para peserta mendapatkan sertifikat, tentunya dari aktivitas nyata PKM ini lebih diharapkan dapat memberikan manfaat teoretis dan juga praktis tentang keterampilan menulis teks ceramah dan praktik retorika yang tepat kepada para siswa SMK.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.