Kunci Indonesia Maju adalah Jiwa Nasionalisme Pemuda - Analisa - www.indonesiana.id
x

Gambar oleh Clker-Free-Vector-Images dari Pixabay

Delfina Mei liza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Oktober 2020

Kamis, 29 Oktober 2020 09:00 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Kunci Indonesia Maju adalah Jiwa Nasionalisme Pemuda

    Tentang rasa nasionalisme yang harus tertanam pada diri pemuda Indonesia, sumpah pemuda merupakan peristiwa yang seharusnya dapat membangkitkan semangat juang pemuda untuk mensejahterakan negara Indonesia

    Dibaca : 678 kali

    Kunci Negara Maju Adalah Jiwa Nasionalisme Pemuda

     


    Tujuh puluh tahun yang lalu, perwakilan pemuda diseluruh penjuru nusantara berkumpul dan melaksanakan kongres pemuda. Bisa dibayangkan bagaimana semangat mereka dapat berkumpul di satu tempat meskipun jarak antar wilayah yang besar dan transportasi yang terbatas dan belum memadai saat itu.

    28 Oktober 1928 lahirlah sumpah pemuda, ketika pemuda di kongres pemuda sepakat bahwa semua perkumpulan pemuda berdaya upaya untuk menggalang persatuan organisasi pemuda dalam satu wadah. Dengan semangat persatuan yang tinggi terjadilah peristiwa historis itu.

    Dalam isi sumpah pemuda terkandung bahwa untuk mencapai Negara yang merdeka diperlukan persatuan dalam jiwa nasionalisme yang tinggi. Itulah yang harus ada dalam diri para pemuda baik dulu, saat ini dan masa depan. Untuk dapat membuat Negara Indonesia yang kokoh dan kuat peran pemuda sangatlah besar. Tanpa adanya rasa nasionalisme dalam diri pemuda Indonesia, kapan saja Indonesia kembali dapat dijajah oleh Negara lain.

    Saat ini pemuda mempunyai peran membuat langkah maju agar Negara Indonesia dapat menjadi Negara yang maju dan disegani Negara lain, ini dapat dimulai dengan merebut dan menguasai kembali Indonesia sepenuhnya. seperti yang kita ketahui bahwa SDA di Indonesia memang sangat melimpah, tetapi pada umumnya itu dikelolah oleh orang asing, begitu juga dengan bidang-bidang lainnya seperti budaya dan kesenian.

    Dengan adanya rasa cinta tanah air dalam diri pemuda dapat mendorong kemajuan untuk Negara Indonesia, kerena dengan adanya tekat dari pemuda maka semua akan tercapai. Pemuda akan berjuang dan pantang menyerah dalam mencapai tujuannya. Semangat juang yang kuat itulah yang diperlukan sebuah Negara untuk mencapai puncak keberhasilannya. Dan hanya pemuda yang memiliki semangat juang tersebut.

    Oleh: Delfina Mei Liza
    (190301194)
    UMRI



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.