Pengertian Total Station Alat Ukur Konstruksi Bangunan - Travel - www.indonesiana.id
x

Panduan Menulis

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 November 2019

Minggu, 1 November 2020 06:39 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Pengertian Total Station Alat Ukur Konstruksi Bangunan

    Total Station memakai satu teodolite elektronik kekinian yang terpadu dengan elemen pengukur jarak elektronik (Electronic Distance Meter atau EDM) untuk membaca jarak serta kemiringan dari titik instrumen di titik spesifik.

    Dibaca : 1.244 kali

    Total Station sebuah instrumen optis elektronik yang dipakai untuk lakukan penskalaan secara kekinian serta rencana konstruksi bangunan. TS diperlengkapi dengan chip memory, hingga data pengukur pojok serta jarak bisa ditaruh untuk selanjutnya diunduh serta diproses secara computasi.

    Total Station memakai satu teodolite elektronik kekinian yang terpadu dengan elemen pengukur jarak elektronik (Electronic Distance Meter atau EDM) untuk membaca jarak serta kemiringan dari titik instrumen di titik spesifik. Harga jual total station sendiri sangat bervariasi, muali dari beberapa puluh juta sampai beberapa ratus juta rupiah.

    Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi pegetahuan mengenai kelebihan serta kekurangan memakai alat ukur total station dan fungsinya yang dapat kalian peroleh untuk penjelasan di bawah ini:

     

    Kelebihan dan Kekurangan Total Station

    Kelebihan

    • Mengurangi kekeliruan (dari manusia) Misalnya ialah kekeliruan pembacaan serta kekeliruan pendataan data.
    • Aksesibilitas ke metode berbasiskan computer.
    • Mempercepat proses.
    • Memberikan kemudahan (singkat).

    Kekurangan

    • Biayanya tambah mahal dibanding alat konservatif biasa.
    • Ada keterikatan pada sumber tegangan.
    • Keterikatan akan kekuatan sumber daya manusia yang ada.

     

    Fungsi

    Total Station dipakai untuk lakukan pengukur serta penghimpunan data, misalnya:

     

    Pengukuran Sudut

    Dengan Total Station kita bisa lakukan pengukur sudut dengan tehnik electro-optical scanning lewat piringan atau silinder kaca yang mempunyai petunjuk rasio yang paling presisi. Sebuah Total Station dengan feature terkini bisa lakukan pengukur pojok dengan nilai kecermatan sampai 0.5 arc-second. Sedang macam Total Station biasa cuman sanggup lakukan pengukur pojok sampai nillai 5 atau 10 arc-second.

     

    Pengukuran Jarak

    Fungsi selanjutnya dari Total Station untuk lakukan pengukur jarak. Pengukur jarak oleh Total Station ini manfaatkan tehnologi signal inframerah yang termodulasi, signal ini dikeluarkan oleh elemen pemancar kecil yang ada dalam instrumen optik, lalu akan direfleksikan kembali lagi oleh prisma reflektor atau object yang ada di titik survey.

    Pola yang ada dalam gelombang signal yang dipantulkan akan ditranslate oleh computer yang ada di Total Station. Hasil pengukur jarak segera dapat diprediksi sesudah seringkali lakukan pemancaran serta akseptasi frekwensi inframerah, kemudian baru mulai dapat dihitung jumlah bundar dari panjang gelombang ke sasaran untuk tiap frekwensinya.

     

    Pengukuran Koordinat

    Satu titik koordinat tidak diketahui yang tersambung dengan koordinat terang, bisa diprediksi letak koordinatnya memakai instrumen Total Station sejauh satu garis lempeng pandangan bisa menyambungkan kedua titik tersebut.

    Sudut serta jarak bisa diukur dari titik Total Station di titik survey, sedang titik koordinat (titik x, y, serta z) bisa diketahuhi dengan memakai rumus penghitungan trigonometri serta triangulasi di titik survey. Untuk permasalahan ini, beberapa Keseluruhan Station sudah diperlengkapi dengan piranti yang menerima Global Navigation Satellite Sistem, hingga titik koordinat bisa dijumpai lebih gampang.

     

    Pengumpulan dan Pemrosesan Data

    Beberapa mode Total Station sudah diperlengkapi feature penyimpanan data elektronik secara intern untuk menulis data-data hasil pengukur. Sesaat untuk mode yang lain harus memakai pencatat atau penyimpan data eksternal.

    Setelah data itu ditransfer ke computer, software spesial untuk computer akan secara automatis mengartikan hasil serta mendeskripsikan peta dari tempat yang sudah disurvey.

     

    Kesimpulan

    Total Station biasanya kerap dipakai oleh beberapa land surveyors serta pakar tehnik sipil untuk lakukan survey penskalaan tempat, topography, konstruksi, rencana pertambangan, atau hal yang lain seperti jalan raya, rumah, bangunan, batasan tanah, dan sebagainya.

    Total Station dipakai oleh beberapa arkeolog untuk lakukan survey penggalian, serta polisi untuk lakukan rekonstruksi kecelakaan. Dipasaran harga jual Theodolite serta Total Station sangat bervariasi, karena itu pastikan kalian pilih alat yang terhebat untuk dipakai dalam menghitung satu sektor perkejaan yang kalian lalui.

    Itulah beberapa informasi singkat berkenaan instrumen Total Station, mudah-mudahan berguna serta menambahkan info Anda.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.