Pengaruh Peternakan Kambing Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Putren - Analisa - www.indonesiana.id
x

riya yaya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 April 2021

Senin, 3 Mei 2021 06:49 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Pengaruh Peternakan Kambing Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Putren


    Dibaca : 84 kali

    B. ISI
    Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) ialah salah satu kambing yang dipelihara. Kambing adalah salah satu spesies yang paling lama diternakkan, untuk diambil susu, daging, bulu, dan kulit di seluruh dunia. Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang.

    Kambing ternak(Capra aegagrus hircus) adalah spesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya dan eropa. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar. Umumnya, kambing mempunyai janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan ber rambut lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 m - 1,4 m, sedangkan ekornya 12 cm - 15 cm.

    Bobot kambing betina 50 kg - 55 kg, sedangkan yang jantan bisa mencapai 120 kg. Kambing liar tersebar dari Spanyol sampai ke India, dan dari India ke Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu-batu. Kambing dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 tahun yang lalu. Biasanya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor. Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing dipimpin oleh kambing betina yang paling
    tua.

    Sementara kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

    C. PENUTUP
    - Kesimpulan
    Dapat disimpulkan bahwa peternakan kambing berpotensi menjadi salah satu komoditas andalan khusunya di desa Putren dan juga berperan untuk menekan terhadap pengangguran, peternakan juga mampu meningkatkan kreatifitas masyarakat di desa Putren. Dengan adanya peternakan kambing di desa Putren dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat setempat sehingga
    kesejahteraan dari segi ekonomi masyarakat di desa Putren ada peningkatan.
    - Saran
    1. Harus sering diadakan pelatihan oleh pemerintah guna menghasilkan pemaksimalan produksi peternakan daeri segi kwalitas dan kwantitas.
    2. Harus ada dukungan oleh pemerintah baik dari segi modal juga membantu dalam pemasaran hasil, agar kambing yang dijual sesuai dengan harga pasar yang berlaku.
    3. Selain desa Putren sebagai budidaya kambing juga bisa dijadikan tempat wisata bagi para wisatawan untuk yang ingin melihat dan memepelajari tekhnik budidaya peternakan kambing ynag baik dan benar.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.