Kroasia atau Spanyol, Prancis atau Swiss, yang Tak Lengah Lolos ke 8 Besar - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Spanyol

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 28 Juni 2021 14:30 WIB

  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • Kroasia atau Spanyol, Prancis atau Swiss, yang Tak Lengah Lolos ke 8 Besar

    Sebagai tim yang digadang melaju ke 8 besar, Spanyol dan Prancis wajib membuktikan kelasnya. Pasalnya, saat Belanda diunggulkan, justru runtuh di tangan Ceko. Dan, Portugal buntu menembus gawang Belgia.

    Dibaca : 844 kali

    Publik sepak bola dunia telah menjadi saksi empat laga awal di babak 16 besar Euro 2020. Hasilnya, empat tim maju ke 8 besar, 4 tim angkat kopor.Dari empat tim yang angkat kopor, ada dua tim yang diunggulkan oleh publik lolos ke fase perempat final. Dia adalah Portugal dan Belanda.

    Diunggulkan oleh publik sepak bola dunia, namun Belanda tak berdaya, ditekuk Ceko  0-2. Setali tiga uang, Portugal pun ikut menyusul, meski melepaskan 23 tembakan ke arah gawang Belgia, namun Belgia beruntung, hanya melakukan 6 tembakan ke arah gawang Portugal, 1 membuahkan gol.

    Sejatinya kekalahan Belanda sudah diprediksi sejak sebelum laga dimulai, sebab ada catatan rekor buruk Belanda saat bentrok dengan Ceko. Sementara, kekalahan Portugal sebagai juara bertahan pantas disesali karena Ronaldo dan rekan tak mampu memecah kebuntuan, meski peluang hadir bertubi.

    Akhirnya, dua tim yang diunggulkan pun gugur. Ceko pantas menang, Belgia menang beruntung. Publik pun sudah menanti laga ke 5, Kroasia versus Spanyol  Senin (28/6/2021) pukul 23.00 WIB di Parken Stadium, Copenhagen. Berikutnya laga ke 6 Prancis meladeni Swiss, Selasa (29/6/2021) pukul 02.00 WIB di Arena Nationala, Bucharest.

    Spanyol diunggulkan

    Pertemuan Kroasia dan Spanyol kali ini adalah yang ke-9. Sebelumnya, dari 8 pertemuan, Spanyol memenangi 4 laga dan 1 imbang, 3 laga dimenangi Kroasia.

    Di pentas Euro kali ini, Kroasia dan Spanyol lolos ke 16 besar sebagai runner-up di grup masing-masing. Uniknya, juga memastikan lolos karena sama-sama menang besar di laga terakhir. Di Grup D, Kroasia memukul Skotlandia 3-1 dan La Furia Roja menang besar 5-0 atas Slovakia di Grup F.

    Catatan lainnya, pertemuan terakhir Kroasia dan Spanyol di ajang UEFA Nations League pada tahun 2018, saling mengalahkan. Pada September 2018, Spanyol membantai Kroasia 6-0 di Elche. Berikutnya, pada November 2018, giliran Kroasia ganti menekuk Spanyol di Zagreb dengan skor 3-2.

    Akankah dalam laga kali ini, Kroasia dan Spanyol akan sama-sama mendulang banyak gol seperti di laga ketiga fase Grup? Apakah Spanyol akan menang yang kelima atas Kroasia? Atau sebaliknya Kroasia yang akan menang? Melihat performa dalam Piala Eropa kali ini, keduanya nampaknya akan bermain ketat. Namun, tak menutup kemungkinan akan lahir banyak gol. Yang mampu memecah kebuntuan, dialah yang akan lanjut ke 8 besar. Spanyol sepertinya akan mampu menggilas Kroasia dengan skor tipis 1-0 atau 2-1, jika tak lengah.

    Prancis akan melaju

    Pada partai ke 6, Prancis nampaknya akan mampu menggungguli Swiss. Terlebih di fase Grup, Karim Benzema dan rekan sudah cukup teruji karena lolos dari Grup neraka sebagai juara Grup F.

    Setelah menaklukkan Jerman 1-0, mereka bermain imbang dengan Hungaria 1-1 dan juara bertahan Portugal 2-2, namun tetap bisa finis sebagai juara Grup. Sementara, Swiss, lolos sebagai peringkat tiga Grup A di belakang Italia dan Wales.

    Prancis punya kualitas untuk mengalahkan siapa saja, termasuk Swiss. Pasukan Didier Deschamps pun menorehkan catatan mengesankan sepanjang bentrok dengan Swiss.

    Dari 38 pertemuan, Prancis menang 16 kali, sedangkan Swiss 12 kali menang.
    Catatan pentingnya adalah semua kekalahan Prancis dari Swiss dialami dalam laga-laga uji coba. Sebaliknya, 16 kemengan Prancis terjadi dalam laga kompetisi resmi. Untuk itu,  Les Blues tetap pantas difavoritkan menang.
    Laga juga akan berjalan ketat dengan prediksi skor 1-0 atau 2-1 untuk Prancis. Tapi bila Prancis lengah, bukan tidak mungkin Kroasia yang akan mengikuti jejak Denmark, Italia, Ceko, dan Belgia.

    Sebagai tim yang digadang melaju ke 8 besar, Spanyol dan Prancis wajib membuktikan kelasnya. Pasalnya, saat Belanda diunggulkan, justru runtuh di tangan Ceko. Dan, Portugal buntu menembus gawang Belgia.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.