3 Tip Pencahayaan Tepat untuk Kamar Anak - Analisis - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi kamar anak. Pixabay.com

viona bella

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 September 2021

Jumat, 24 September 2021 07:36 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • 3 Tip Pencahayaan Tepat untuk Kamar Anak


    Dibaca : 346 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Tidur berkualitas tidak hanya diperlukan bagi orang dewasa, begitu pula anak - anak. Mereka membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dari orang dewasa, yaitu 10 - 12 jam. Untuk memenuhi kebutuhan tidur yang berkualitas, kamar anak harus meliputi beberapa unsur yang menunjang kenyamanan kamar, seperti kualitas udara, suhu, suara, warna lembut yang menjadi unsur visual kamar, dan pencahayaan.

    Pencahayaan merupakan salah satu unsur utama untuk menciptakan kenyamanan di kamar. Menurut  Dr dr. Ariani Dewi Widodo SpA(K), salah satu faktor kamar anak yang baik adalah memiliki pencahayaan yang baik. “Anak cenderung sering melakukan kegiatan di kamar saat mereka berada di rumah”, ujar Dr dr Ariani Dewi Widodo SpA(K). Karena fungsi kamar anak yang bermacam – macam, maka ada beberapa macam pencahayaan yang bisa menunjang kamar anak untuk jadi lebih fungsional. Yuk, simak tips – tips pencahayaan berikut yang bisa diterapkan di kamar anak!

    Lampu yang Tepat untuk Aktivitas Si Kecil

    Pencahayaan utama kamar anak.
    Source: https://casavogue.globo.com/Interiores/Ambientes/noticia/2018/05/quartos-montessorianos-aprenda-dicas-espertas.html

    Gunakan lampu yang bisa menerangi seisi ruangan agar anak bisa melihat seisi kamarnya dengan jelas. Mengapa? tentu untuk perlindungan si kecil dari terjatuh dan tersandung barang yang ada disekitarnya. Penchayaan ini merupakan jenis yang paling utama, yaitu Ambient.

    Selain tidur, kamar biasa digunakan si kecil untuk belajar dan bermain. Kegiatan ini memerlukan fokus yang tinggi terhadap apa yang dikerjakan. Pencahayaan yang bisa diterapkan yaitu jenis Task yang berfungsi untuk menerangi anak dalam aktivitas belajar dan bermain. Kamu bisa menerapkan pencahayaan jenis task dengan menggunakan intensitas cahaya sebesar 220 lumen. Intensitas ini bisa didapat dari lampu dengan kekuatan 1,9 watt dengan warna putih yang dapat membantu fokus anak.

    Lampu Tidur yang Menenangkan

    Lampu Tidur Anak.
    Source: https://www.etsy.com/de/listing/650058082/kinderlampe-wandlampe-wandleuchte?epik=dj0yJnU9TDJZQk5OV1EyLUU5aENzazljTVB1VVhFS182MW5XMHgmcD0wJm49RW04Sk5GZDRycWl6VUJ3UUFEbS00USZ0PUFBQUFBR0ZCYXVZ

    Di area tidur, si kecil memerlukan relaksasi untuk dapat beristirahat dengan baik. Kondisi kamar yang gelap, baik untuk meningkatkan produksi hormon melatonin agar tubuh cepat rileks. Namun, kondisi kamar dengan keadaan gelap seringkali membuat anak merasa takut dan tidak nyaman. Untuk membuat suasana tenang dan nyaman bagi anak, kamu bisa memilih lampu tidur untuk menemani si kecil dan tetap baik bagi kesehatannya.

    Sinar Matahari yang Cukup

    Pencahayaan lain yang tidak kalah penting untuk kamar anak yaitu pencahayaan natural. Pencahayaan ini bisa didapatkan dari penempatan jendela yang tepat. Penempatan jendela disarankan agar tidak terlalu dekat dengan ranjang si kecil agar tidak berisiko kegerahan, jendela bisa menyimpan energi panas jika diterpa matahari seharian. Oleh karena itu, penempatan jendela terlalu dekat bisa menyebabkan si kecil rewel dan pusing karena langsung diterpa sinar matahari pagi.

    Nah, itulah tips – tips yang bisa kamu terapkan untuk pencahayaan kamar si kecil! Pencahayaan kamar yang sesuai bisa jadi unsur dekoratif menarik yang menambah kesan hangat ruangan. Dengan pencahayaan yang tepat, ia bisa beraktivitas dengan nyaman dan tentunya bisa beristirahat dengan baik pula.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.