x

Iklan

Wirda Putri SPI 1_211104040031

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Oktober 2021

Minggu, 21 November 2021 09:07 WIB

Pentingnya Memahami Sila Persatuan Indonesia

Pancasila tidak hanya untuk sekedar dihafal atau dikenang tetapi dijalankan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai dasar ideologi negara wajib diterapkan oleh setiap warga negara Indonesia, terlebih dalam sila ketiga Pancasila yakni "persatuan Indonesia"

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pancasila sebagai dasar Ideologi negara kesatuan republik Indonesia, itu tidak hanya untuk dihafal atau sekedar diketahui tetapi wajib diterapkan bagi seluruh bangsa Indonesia. Pancasila yang perlu diterapkan yakni ada 5 dasar, ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang Adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dari 5 dasar sila tersebut salah satunya yakni "persatuan Indonesia"

Taukah Anda makna yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila tersebut?

Nilai yang terkandung dalam sila persatuan Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan keempat sila lainnya karena seluruh sila merupakan suatu kesatuan yang bersifat sistematis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sila persatuan Indonesia didasari dan dijiwai oleh sila ketuhanan yang maha esa dan kemanusiaan yang adil dan beradab serta mendasari dan menjiwai sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila ketiga ini mempunyai maksud mengutamakan persatuan dan kerukunan bagi seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai perbedaan agama, suku, bahasa, budaya, sehingga dapat disatukan melalui sila ketiga ini, berbeda-beda tetapi tetap satu atau disebut dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Persatuan Indonesia mengutamakan  kepentingan dan keselamatan negara ketimbang kepentingan golongan pribadi atau sekelompok seperti partai. hal yang dimaksudkan adalah sangat mencintai tanah air Indonesia dan bangga mengharumkan nama Indonesia. Sila ini menanamkan sifat persatuan untuk menciptakan kerukunan kepada rakyat Indonesia. Sila yang mempunyai lambang pohon beringin ini bermaksud memelihara ketertiban yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Persatuan Indonesia adalah satu untuk Indonesia walaupun keadaan dimasyarakat sangat penuh perbedaan tetapi harus menjadi satu darah Indonesia dan rela mengorbankan kepentingan golongan demi negara Indonesia, walaupun sangat kental dengan berbagai budaya yang berbeda tetap harus rukun menjaga kedamaian Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam nilai persatuan Indonesia terkandung nilai bahwa negara adalah sebagai penjelmaan sifat kodrat manusia monodualis yaitu sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Negara merupakan suatu persekutuan hidup bersama diantara elemen-elemen yang membentuk negara yang berupa suku, ras, budaya, maupun sekelompok agama. Oleh karena itu perbedaan merupakan bawaan kodrat manusia dan juga merupakan ciri khas elemen-elemen yang membentuk negara. Konsekuensinya negara adalah beragam tetapi satu, meningkatkan diri dalam suatu persatuan yang dilukiskan dalam suatu seloka Bhinneka Tunggal Ika. Perbedaan bukannya untuk diruncingkan menjadi konflik dan permusuhan melainkan diarahkan pada suatu sintesa yang saling menguntungkan yaitu persatuan dalam kehidupan bersama untuk mewujudkan tujuan bersama.

Ikuti tulisan menarik Wirda Putri SPI 1_211104040031 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler