x

Iklan

Fitri Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Rabu, 24 November 2021 19:44 WIB

Mutu dan Peran Seorang Pendidik

Kisah yang menarik akan terjadi pada sebuah penerapan pembelajaran yang sesuai dengan apa yang telah dipersiapkan dengan sedemikian rupa. pembelajaran merupakan hal yang harus dilandasi mutu dan peran yang seimbang dari seorang guru.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Karya: Fitri Lestari,S.Pd

 

“Artikel”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

TEMA  : Kisah  Guru Terapkan Merdeka Belajar

 

       Belajar merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Belajar juga merupakan sesuatu yang dilakukan untuk menguasai hal tertentu. Dan belajar juga suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku dan hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

          Merdeka belajar saat ini yang kita harapkan adalah dimana adanya sekolah,guru-guru serta muridnya memiliki kebebasan dalam berinovasi dan berkarya dalam proses belajar dan mengajar di sekolah. Esesnsi suatu Kemerdekaan dan kebebasan berfikir harus dimulai oleh guru terlebih dahulu sebelum hal tesebut diajarkan kepada para siswa dan siswinya.

        Banyak hal-hal baru yang membuat kita sebagai seorang Pendidik justru harus memiliki semangat yang lebih besar untuk melakukan sebuah Inovasi pembelajaran. Misalnya membuat pembelajaran di luar kelas (Outing Class) dimana Murid dapat berdiskusi lebih banyak bersama teman-temannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan siswa dapat mempersentasikan hasil diskusinya di depan kelas bersama teman kelompoknya. Dengan hal ini justru akan semakin memicu minat dan semangat murid-murid saya dalam belajar. Karena tidak dipungkiri bahwa sebenarnya banyak dari siswa saya pribadi yang sebenarnya mereka bisa dan mampu, namun ketika tidak adanya sebuah hal yang membuat dirinya merasa diberikan kesempatan atau bahkan tidak adanya diberikan sebuah tanggung jawab. Misalnya, kita harus menumbuhkan jiwa berani tampil terhadap siswa-siswi kita di depan kelas atau menumbuhkan jiwa-jiwa pemimpin dengan memberikan sebuah amanah membuka dan menutup sebuah diskusi kelompok dan mempersentasikannya atau diberi kesempatan untuk mengerjakan soal dan menjelaskannya kepada teman-temannya.

        Sehingga bagi saya pembelajarannya tidak selalu monoton hanya guru yang melakukan dan menjelaskan materi di depan kelas.  Dengan demikian merdeka belajar memberikan kita sebuah pembelajaran untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam mewujudkan pembelajaran yang lebih baik,dan kita sebagai pendidik juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan saran dan masukan pembelajaran seperti apa yang menumbukan minat dan  semangat mereka untuk belajar.

 

         

 

 

                           

Ikuti tulisan menarik Fitri Lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler