“Pendidikan Merdeka Belajar”. Konsep ini merupakan respons terhadap kebutuhan sistem pendidikan pada era revolusi industri 4.0. Nadiem Makarim menyebutkan merdeka belajar merupakan kemerdekaan berfikir. Kemerdekaan berfikir ditentukan oleh guru (Tempo.co, 2019). Jadi kunci utama menunjang sistem pendidikan yang baru adalah guru. Nadiem Makarim (2019) mengatakan guru tugasnya mulia dan dan sulit. Dalam sistem pendidikan nasional guru ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa namun terlalu diberikan aturan dibandingkan pertolongan. Guru ingin membantu murid untuk mengejarkan ketertinggalan di kelas, tetapi waktu habis untuk mengejarkan administrasi tanpa manfaat yang jelas. Guru mengetahui potensi siswa tidak dapat diukur dari hasil ujian, namun guru dikerjar oleh angka yang didesak oleh berbagai pemangku kepentingan. Guru ingin mengajak murid ke luar kelas untuk belajar dari dunia sekitanya, tetapi kurikulum yang begitu pada menutup petualangan.
Guru sangat frustasi bahwa di dunia nyata bahwa kemampuan berkarya dan berkolaborasi menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal. Guru mengetahui bahwa setiap murid memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi. Guru ingin setiap murid terinspirasi, tetapi guru tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi (Nadiem Makarim dalam Kemendikbud.go.id, 2019). R. Suyanto Kusumaryono (2019) menilai bahwa konsep “Merdeka Belajar” yang dicetuskan oleh Nadiem Makarim dapat ditarik beberapa poin (R. Suyanto Kusumaryono dalam Kemendikbud.go.id, 2019)
Gayung Bersambut Kementrian Pendididkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Dengan kebijakan tersebut, mau tidak mau guru sebagai seorang pendidik yang memiliki fungsi mendidik peserta didik harus mampu menguasai konsep tersebut. Gayung bersambut, untuk memudahkan itu semua Kemendikbud-Ristek melalui platform Seri Guru belajar dan berbagi mengadakan Bimtek yang bisa diikuti oleh seluruh guru diberbagai jenjang. Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar merupakan upaya membantu guru dan satuan pendidikan memahami konsep guru merdeka belajar dan meningkatkan kompetensi pengembangan diri secara mandiri untuk mengembangkan karier. Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya
Gambar 1. Berbagai Macam Bimtek di Seri Guru Belajar (Sumber ; Dok Pribadi)
Tujuan Bimtek Guru Merdeka Belajar sebagai Pemantapan Guru menerapkan Merdeka Belajar
Mengacu pada model kompetensi guru, program Guru Merdeka Belajar akan meningkatkan kompetensi :
- Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri
- Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan
- Menemukan aspek kekuatan dan kelemahan sebagai
- Menetapkan tujuan dan rencana pengembangan
- Menentukan cara dan beradaptasi dalam melakukan pengembangan
- Berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier
- Melakukan eksplorasi berbagai pengalaman belajar dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan
Secara umum bahwa tujuan bimtek tersebut adalah Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga peserta bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan Mengenali konsep pengembangan diri Guru Merdeka Belajar sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan
Tahap-Tahap dan Pelaksanaan Bimtek Seri Guru Merdeka Belajar
Tahap awal dalam pelaksanaan bimtek ini adalah memilih bimtek seri Merdeka Belajar yang terlebih dahulu membuat akun di Seri Belajar dan Berbagi
Gambar 2. Memilih Seri Belajar Merdeka Belajar
Peserta bimtek memilih bimtek sesuai dengan gelombang dan waktu yang menurut peserta sesuai dengan keadaan peserta, lebih fleksibel
Materi Bimtek yang Sangat Menarik Memudahkan Guru Untuk Belajar
Pada kegiatan Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar, peserta akan belajar mengenai:
- Tujuan Pendidikan
- Konsep Merdeka Belajar
- Konsep Guru Merdeka Belajar
- Pengembangan Diri Guru Merdeka Belajar
- Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar.
Setiap pokok sub materi kegiatan yang dilaksanakan pada Bimtek Guru Merdeka Belajar, peserta diwajibkan mengikuti kegiatan secara berurutan untuk dapat menuju ke tahap selanjutnya
Gambar 6. Contoh Beberapa materi Bimtek
Selain Materi, peserta bimtek juga akan melaksanakan refleksi dari s tayangan video yang ada di bimtek tersebut
Gambar 7. Struktur Materi Bimtek Merdeka Belajar
Tindak Lanjut dan Dampak dari Bimtek Merdeka Belajar
Setelah mengikuti bimtek Seri Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar, adalah agar guru mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif, mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga peserta bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran
Melalui kegiatan mengikuti bimtek Seri Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar, diharapkan agar peserta dapat menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri, berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier, mengenali konsep pengembangan diri Guru Merdeka Belajar sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan..
Gambar 8. Peserta akan mendapatkan Sertifikat Setelah Kegiatan
Ikuti tulisan menarik RIFQI NUR HANAFI lainnya di sini.