x

Iklan

Andik Rahmanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Desember 2021

Minggu, 5 Desember 2021 06:06 WIB

Memerdekakan Siswa untuk Belajar

Merdeka adalah bagaimana semua elemen pendidikan dengan siswa sebagai subkjek utamanya dapat saling bekerjasama dan terpenuhi kebutuhan mendasar yang ada sehingga tercapai cita-cita pendidikan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menjadi guru di sekolah kecil dengan membawa konsep merdeka belajar merupakan tantangan dan keindahan yang harus penulis lakukan. Bagaimana tidak di sekolah penulis harus melakukan pendekatan dengan berbagai metode agar siswa dapat memahami apa yang kami sampaikan. Dengan mengusung konsep merdeka belajar, maka sajian kurikulum yang ada penulis kemas dengan menarik dan berbobot.

Penulis sebagai guru tidak bisa memakai pakem lama dengan hanya mengandalkan secara kaku.  Harus mampu mengejawantahkan prinsip merdeka belajar, yaitu siswa sebagai ‘siswa sebagai subjek pendidikan’. Penulis berupaya untuk switch minds (mengalihkan pikiran) dari metode yang kaku menjadi lebih luwes dan mampu menyerap kebutuhan siswa.

Penulis memahami betul bahwa setiap masa ada zamannya. Maka penulis tidak boleh memaksakan pola pembelajaran yang tertanam pada masa lalu untuk diterapkan pada siswa pada saat ini-hal itu tentunya dengan disertai  kerangka pikir bahwa tetap banyak nilai luhur pada masa lalu yang layak bahkan wajib untuk ditanamkan.  Bahwa siswa mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda, karena notabene siswa mempunyai bakat lahir dari Tuhan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ki Hadjar Dewantara pernah berpesan agar pendidikan yang ada memperhatikan keseimbangan antara cipta, rasa, dan karsa. Sehingga  transformasi nilai bisa menjadi bagian dari  pendidikan itu sendiri. Hal itulah yang penulis pegang dalam filosofi pendidikan yang penulis pegang-bahwa  pendidikan sangat berbicara tentang nilai, bukan hanya kepentingan ekonomi.

 

Maka pengalaman penulis mengajar  selama ini, dan ditempa kemudian dengan konsep merdeka belajar menjadikan penulis lebih terlecut dan bersemangat untuk  mengembangkan diri sendiri pribadi untuk kemajuan anak bangsa agar lebih unggul dan mempunyai budaya tanding. 

 

Andik Rahmanto,

Praktisi dan Pemerhati pendidikan.

Ikuti tulisan menarik Andik Rahmanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler