x

Iklan

Pakar Pikiran

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 23 Desember 2021 17:03 WIB

5 Sikap yang Wajib Dilakukan, Cara Menutup Tahun 2021 dengan Penuh Kebaikan

Bersyukurlah kepada Tuhan atas nikmat di Tahun ini karena semua kejadian sudah terukur dan tidak mungkin melampaui kemampuan kita.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa sikap yang wajib dilakukan supaya menutup tahun 2021 ini dengan penuh kebaikan? Saya berikan jawabannya di artikel ini. Tidak terasa ya hari ini sudah memasuki tanggal 20 dibulan desember tahun 2021. Kita semua sudah memasuki akhir tahun 2021.

sikap wajib di akhir tahun

Sepertinya baru kemarin saja kita mengganti kalender dari tahun 2020 menjadi tahun 2021. Tapi hari ini tinggal sepuluh hari lagi kita menyebut tahun 2021. Apa yang sudah anda lakukan sepanjang tahun 2021 ini? apakah semua rencana yang dibuat dulu diawal tahun sudah dikerjakan? ataukah hanya tetap menjadi rencana saja? Hari memang terus berganti, bulan juga berubah dan tahun pun akhirnya bertambah. Tapi kenapa rencana anda tidak ikut berganti dan tidak direalisasikan?

Akhir Tahun itu Waktunya apa?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saya menulis artikel ini sambil menikmati segelas wedang jahe panas, karena diluar sedang hujan deras. Hal yang wajar di bulan desember. Kalau diluar negeri ada salju maka di negara kita musim hujan. Ketika masuk ke akhir tahun biasanya semua memori tentang peristiwa di sepanjang tahun ini teringat seperti gambar film di pikiran kita.

evaluasi di akhir tahun

Memang akhir tahun itu waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap semua kejadian yang pernah kita alami. Tapi harus anda ingat bahwa semua kejadian itu sudah berlalu, sehingga mengingatnya bukan untuk disesali, bukan untuk menjadi sedih tapi menjadi semangat untuk tahun depan yang lebih indah.

Apa saja yang harus dilakukan di akhir tahun?

Apa saja sikap yang benar untuk kita lakukan diakhir tahun ini supaya menutup tahun 2021 dengan penuh kebaikan. Saya berikan 5 sikap yang wajib dilakukan. Apa saja?

Pertama, Tersenyumlah dengan Bahagia

Seperti saya jelaskan sebelumnya bahwa semua kejadian yang terjadi sepanjan tahun 2021 ini sudah menjadi masa lalu, sehingga bukan untuk disesali, bukan juga untuk dibuat sedih.

cara-bahagia-sejak-bangun-tidur

Ketika anda sudah sampai di penghujung tahun maka anda harus tersenyum bahagia, karena bagaimanapun situasinya ternyata anda bisa melewatinya.

Kedua, Ingatlah semua peristiwa dengan Kebaikan

Saya tahu sebagian besar dari kita melewati tahun ini dengan penuh drama, di bulan juni-juli kemarin banyak orang yang kehilangan keluarganya. Bahkan situasi diberbagai kota memang terasa dramatis saat semua rumah sakit penuh. Tapi, semua bisa kita lewati. Dan ingatlah bahwa tidak ada kejadian yang terjadi kepada kita melainkan sebagai bentuk kebaikan Tuhan.

Ketiga, Nikmati waktu bersama Keluarga atau Teman

Tidak ada salahnya dipenghujung tahun ini kita meningkatkan lagi kebersamaan dengan keluarga. Bagi yang tidak ada keluarga maka bisa bersama teman dan saudara. Ketika sendirian maka bisa saja menimbulkan pikiran yang aneh, karena tidak ada teman untuk bicara. Karena itulah manusia diciptakan Tuhan berpasang-pasangan.

buku solusi masalah hidup

Keempat, Evaluasi Rencana yang Tidak dijalankan

Tentu kita semua memiliki banyak rencana saat diawal tahun. Apakah sudah dijalankan semua? nah ini yang harus anda evaluasi, harus anda perhitungkan. Apa saja yang sudah bisa dijalankan dan belum. Pentingnya sebuah evaluasi di akhir tahun agar kita jadikan sebagai ilmu dalam memasuki tahun berikutnya.

Kelima, Sebarkan Kebaikan ke Sekitar

Supaya akhir tahun ini ditutup dengan kebaikan maka sebarkan kebaikan kita kepada orang-orang terdekat. Bisa tetangga, teman atau saudara. Anda bisa cek aplikasi pesan makanan online, lihat sekitar dan anda beli saja dari mereka tidak perlu yang jauh-jauh. Atau kalau ada teman yang memiliki barang dagangan yang anda tidak pernah beli dari dia maka saatnya sekarang beli. Niatkan untuk menyebarkan kebaikan.

bukti ilmu amc merubah hidup manusia

Tahun 2021 ini saya sebut penuh drama, tapi kita semua bisa melewati. Bersyukurlah kepada Tuhan atas nikmat di Tahun ini karena semua kejadian sudah terukur dan tidak mungkin melampaui kemampuan kita.

Ikuti tulisan menarik Pakar Pikiran lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini