Kuliah Hybrid Learning dalam Membangun Pendidikan - Analisis - www.indonesiana.id
x

KAMPUS UNIVERSITAS AISYIYAH YOGYAKRTA

Desty Greselly

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Januari 2022

Kamis, 13 Januari 2022 06:09 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Kuliah Hybrid Learning dalam Membangun Pendidikan

    Universitas Aisyiyah Yogyakarta siap melakukan kuliah secara hybrid learning dalam mencapai tujuan pendidikan dan pembelajaran yang efektif kepada mahasiswanya

    Dibaca : 306 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kuliah hybrid learning dalam membangun pendidikan pada di masa pandemi seperti sekarang merupakan salah satu jalan untuk kita saling berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya baik secara online maupun secara langsung. Setiap hari orang selalu mengakes internet untuk memenuhi kebutuhan mereka salah satunya dalam bidang pendidikan. Tidak jarang orang merasa bosan memandangi gawai mereka setiap ingin berkomunikasi dengan orang lain.

    Pendidikan merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Namun, pemebelajaran secara daring saja tergolong tidak efektif karena banyak mahasiswa yang mengeluhkan beberapa hal seperti kendala sinyal, rasa bosan saat belajar daring, rasa pusing menatap layar digital terlalu lama dan sulit untuk menerima pembelajaran secara online. oleh karenanya Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta menerapkan perkuliahan Hybrid learning di masa pandemi seperti sekarang.

    UNISA menerapkan pembelajarang dengan menggabungkan kuliah tatap muka dan kuliah daring. Sistem ini memanfaatkan inovasi dan kemajuan teknologi yang menghasilkan intraksi dan prainteraksi yang lebih maksimal sehingga memudahkan mahasiswa dalam memahami pembelajaran yang mereka dapat.

    Kuliah secara Hybrid learning ala UNISA tentu saja selalu menaati protokol kesehatan sesuai dengan peraturan kemendikbud dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta melapor penyelenggaraan pembelajaran kepada satuan tugas penanganan Covid-19 secara rutin.

    Semua mahasiswa UNISA yang akan melakukan pembelajaran tatap muka di kampus wajib vaksin dosis lengkap serta dua hari sebelumnya telah melakukan swab antigen yang diselenggarakan oleh kampus supaya tidak adanya penularan Covid-19 antara mahasiswa ke mahasiswa lain maupun ke tenaga pendidik serta pegawai UNISA sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan aman.

    Pelajaran secara luring dilakukan secara bergantian di tiap semester hal ini dilakukan supaya adanya kerenggangan aktivitas di kampus, sedangkan untuk pembelajaran materi mahasiswa tetap melakukannya secara daring dengan melakukan video conference dengan dosen terkait.

    Kita tidak dapat terpaku pada media online dalam setiap pembelajaran, tetapi kita juga tidak biasa memaksakkan keadaan seperti pandemi saat ini untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara terus menerus. Oleh karenanya UNISA menerapkan perkuliahan hybrid untuk mendorong mahasiswa dalam meraih tujuan dan selalu memberikan yang terbaik kepada mahasiswanya.

    Untuk mendukung perkuliahan secara hybrid kampus telah menyediakan fasilitas kampus yang memadai dalam menunjang perkuliahan luring serta saat pembelajaran daring kampus telah memastikan para dosen mampu menguasai teknologi yang diperlukan dalam pembelajaran seperti zoom, google meet class room, discord dan semua mahasiswa yang mengikuti pembelajaran online telah mendapat tunjangan kuota kemendikbud secara merata hal ini bertujuan untuk menjamin sarana yang kondusif bagi para mahasiswa yang belajar dirumah.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.