x

Iklan

GERRIO IRFAN PRATAMA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Januari 2022

Rabu, 26 Januari 2022 17:36 WIB

Penanaman Jiwa Enterpreneur Pada Mahasiswa Universitas Trilogi

Untuk membantu mewujudkan jiwa enterpreneur pada mahasiswa, Universitas Trilogi mengadakan program yang bertujuan membantu para mahasiswa dengan menyelenggarakan pendidikan formal yang berupaya untuk membangun SDM yang unggul, inovasi, dan memiliki dasar teknososiopreneur, kolaborasi dan kemandirian. Universitas Trilogi telah menciptakan sebuah Inkubator Bisnis Trilogi (INBISTRO) bagi mahasiswa

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PENANAMAN JIWA ENTERPRENEUR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TRILOGI

 

Pekerjaan merupakan suatu hal yang menjadi prioritas utama setelah lulus kuliah. Dan akan lebih mudah jika pekerjaan tersebut sesuai dengan jurusan yang ditekuni saat berkuliah. Namun, tidak sedikit lulusan perguruan tinggi yang masih belum mendapatkan pekerjaan, sehingga berdampak pada kenaikan kurva pengangguran di Indonesia. Padahal ide dan Inovasi baru merupakan hal yang sangat mudah diciptakan oleh kalangan muda khususnya mahasiswa. Terlebih, dengan adanya perkembangan digital technologi yang pesat, seharusnya potensi untuk menjadi seorang wirausahawan semakin mudah dan besar. Sehingga terwujudnya lulusan yang tidak hanya berkonsentrasi untuk mencari pekerjaan, namun juga menciptakan pekerjaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Banyak dari kalangan mahasiswa yang memiliki niat untuk membuka usaha, tetapi juga tidak sedikit dari mereka yang mengurungkan niatnya karena keterbatasan modal. Padahal ide mereka bisa saja menjadi inovasi baru dalam dunia bisnis. Dan kendala minimnya modal untuk menyewa atau membeli tanah sebagai lokasi berdirinya usaha sering dialami para perintis.

 

Ada beberapa cara untuk menepis kekhawatiran tersebut, salah satunya yaitu dengan mamanfaatkan digital technologi sebagai tempat berwirausaha. Karena media online merupakan salah satu wadah yang dapat meringankan beban para usahawan mengenai biaya sewa lokasi untuk berdirinya sebuah usaha. Dengan menerapkan bisnis online usahawan tentunya dapat menghemat pengeluaran dana, bisnis seperti inilah yang sedang menjadi favorit para mahasiswa masa kini. Membuka sebuah online shop merupakan sebuah permulaan yang bagus untuk menjadi seorang wirausahawan. Karena tidak perlu memikirkan biaya sewa, perintis dapat fokus membangun karakteristik usaha dan mempromosikannya melalui media sosial. 

 

Untuk membantu mewujudkannya, Universitas Trilogi mengadakan program yang bertujuan membantu para mahasiswa dengan menyelenggarakan pendidikan formal yang berupaya untuk membangun SDM yang unggul, inovasi, dan memiliki dasar teknososiopreneur, kolaborasi dan kemandirian. Universitas Trilogi telah menciptakan sebuah Inkubator Bisnis Trilogi (INBISTRO) bagi mahasiswa yang memiliki semangat untuk membangun, membina mengembangkan sebuah usaha. Dan menciptakan perusahaan pemula yang inovatif serta mampu memberi dampak pada kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. 

 

Perlu diingat, menjadi wirausahawan merupakan jalan bagi seseorang yang memang mempunyai ide kreatif dan memang mempunyai niat untuk mencukupi kebutuhan. Diharapkan dengan adanya jiwa kewirausahaan yang tertanam, kalangan muda bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan orang lain. Bersamaan dengan perkembangan digital teknologi yang semakin pesat, serta ide dan inovasi baru yang sudah mereka ciptakan, diharapkan mahasiswa mampu membangun jiwa kewirausahaan. Selain itu, dengan adanya kewirausahaan, kesejahteraan akan semakin bertambah dalam hal ekonomi dan diharapkan dapat membantu perekonomian Negara Republik Indonesia.



Sumber referensi :

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/download/9163/6130

https://trilogi.ac.id/universitas/inkubator-bisnis-trilogi/

Ikuti tulisan menarik GERRIO IRFAN PRATAMA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu