x

Iklan

Nelly Camelia Puspita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Kamis, 27 Januari 2022 08:15 WIB

Semangat Berwirausaha Pada Generasi Muda

Entrepreneur (Wirausaha) Wirausaha mengandung arti secara harfiah, wira berarti berani dan usaha berarti daya upaya atau dengan kata lain wirausaha adalah kemampuan atau keberanian yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai Peluang bisnis, untuk mengambil tindakan yang tepat dalam rangka meraih kesuksesan. “Seorang Wirausaha (Entrepreneur) adalah orang yang bersedia dan mampu untuk mengembangkan  ide atau penemuan baru menjadi sukses inovasi, sekaligus menciptakan produk dan model bisnis baru yang memberi sumbangan atas pertumbuhan dinamisme industri dan ekonomi jangka panjang.” - (Joseph A. Schumpeter) Seorang Entrepreneur mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya Yaitu : Kemampuan KREATIF dan INOVATIF yang dijadikan dasar untuk mencari peluang menuju SUKSES.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pentingnya Menumbuhkan Jiwa Entrepeneur Bagi Mahasiswa

     Generasi muda adalah bentuk harapan bangsa yang akan banyak berperan dalam menentukan perubahan lingkungan terhadap cara pandang masyarakat dalam menghadapi perubahan global yang berubah secara dinamis.Pada Generasi muda inilah harus kita tanamkan semangat berpikir untuk memajukan nilai kewirausahaan dan memiliki semangat untuk menjadi wirausaha.

    Secara akademis maka para pendidik diharapkan mampu memberikan metode bagaimana memulai suatu usaha dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan. Tentu saja dengan didukung oleh bahan literature yang up to date agar dapat menyesuaikan dengan keadaan yang selalu berubah dengan cepat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

     Sejak dini pendidikan mengenai kewirausahaan sudah mulai diterapkan di lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan. Dari pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya mengenai kewirausahaan dapat merubah pola pikir sang anak tentang pentingnya berwirausaha, atau melalui contoh yang dijalankan oleh orang tuanya sendiri yang latar belakangnya adalah seorang wirausahawan.

    Negara kita dengan populasi hampir 272 juta penduduknya sangat membutuhkan lapangan kerja yang besar. Tercatat juga Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah angkatan muda terbesar didunia. Ini merupakan sumber daya yang besar dari segi bangsa. Alangkah dashyatnya bangsa ini apabila angkatan mudanya mempunyai jiwa semangat kewirausahaan, karena secara statistik negara ini dengan luas wilayah dan bentuk kepulauan yang sangat membutuhkan masyarakat yang mau membuat lapangan kerja nya sendiri sehingga mereka dapat memabantu meningkatkan perekonomian negara.

    Peran pemerintah juga diharapkan dalam mendukung gerakan pemuda dalam meningkatkan kewirausahaan yang berbasis ekonomi kerakyatan. Dengan mengadakan program usaha kecil dan menengah yang didukung oleh para pelatih berpengalaman sehingga menularkan rasa ingin tau dan ingin berkecimpung dalam kewirausahaan. Diharapkan juga pemerintah dapat menyalurkan program bantuan dana hibah bagi kepentingan terciptanya generasi muda yang berkesinambungan dalam menciptakan perannya mengharumkan banngsa dengan berwirausaha. 

 

Pentingnya Menumbuhkan Jiwa Entrepeneur Bagi Mahasiswa

   Menumbuhkan jiwa entrepreneur sangat penting untuk ditumbuhkan di dalam jiwa seseorang. Terlebih jika jiwa entrepreneur itu ditanamkan sejak dini. Berdirinya suatu usaha itu bukan hal yang instan.

   Banyak kendala yang akan dilewati seorang wirausaha salah satunya Mahasiswa Universitas Trilogi yang mencoba untuk memulai usahanya sendiri. Banykanya pengaruh dari beberapa faktor seperti takut mencoba, keterbatasan modal, inovasi, dan niat. Keempat faktor tersebut sebenarnya bisa diatasi jika seseorang memiliki pemikiran yang positif dan kreatif.  Mahasiswa Universitas Trilogi sebagai calon penerus bangsa harus menyikapi itu dengan baik untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada.Tentunya jumlah wirausaha di Indonesia harus ditingkatkan agar dapat mendorong perekonomian di Indonesia semakin tumbuh.

   Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah wirausaha yang ada di Indonesia adalah dengan mendorong mahasiswa untuk berwirausaha. Saat ini banyak sekali program-program yang dapat ditunjukkan kepada mahasiswa Universitas Trilogi untuk mendorong mahasiswa nya berwirausaha seperti adanya program rutin tahunan yaitu Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Trilogi untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki oleh mahasiswa Universitas Trilogi. Dimana salah satu program yang ada di dalamnya yaitu adanya Inkubator Bisnis untuk mempermudah para mahasiswa memulai bisnis mereka sendiri sesuai dengan pilar yang ada di Universitas Trilogi yaitu berlandaskan Teknososiopreneur.

Tentunya sebagai mahasiswa Universitas Trilogi harus bisa memanfaatkan peluang besar lewat adanya program INBISTRO dengan baik. Jika mahasiswa dapat menjalankan program tersebut dengan baik, maka mahasiswa selain dapat membuat prestasi bagi kampusnya, ia juga dapat berinovasi dengan menciptakan peluang usaha nya sendiri sebelum ia menyelesaikan pendidikannya.

Dan ada baik nya pula pihak kampus mendukung penuh dalam membimbing dan mengawal mahasiswanya yang mau mendalami kegiatan usaha yang dilakukannya. Seperti pihak kampus melakukan pengawasan dan membimbing mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Inkubator Bisnis tadi dengan menujuk dosen-dosen untuk membimbing mahasiswa tersebut.

 

Disusun Oleh :
KELOMPOK 2 (Keunggulan)
- 21101014 Muhammad Fachrurroji
- 21101016 Nita Setyowati
- 21101018 Elma Mutiara
- 21101019 Nur Cahyati 
- 21101027 Nelly Camelia Puspita
- 21101032 Henifa

 

#universitastrilogi

#teknososiopreuner

#insanunggulinovasi

#manajemen

#citradiridanpribadiprofesional

#berwirausaha

Ikuti tulisan menarik Nelly Camelia Puspita lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler