x

Iklan

Agung Udiyanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 September 2021

Sabtu, 26 Februari 2022 08:05 WIB

Srikandi Papua, Decy Violent Bertekad Bantu Pendidikan Papua Bersama PKBM Bakti Nusa

Decy Violent Srikandi Papua Bertekad Bantu Pendidikan Anak Papua

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia, 25 Februari 2021

Srikandi Papua-Indonesia, Pemerhati Anak dan  Aktivis Sosial serta Wakil Ketua Umum Garuda Bakti Nusantara (GBN) Decy Violent bertekad untuk meningkatkan pendidikan anak anak Papua berkolaborasi dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bakti Nusa.

GBN adalah Rumah Aspirasi Rakyat Indonesia, wadah berhimpunnya para pegiat sosial ditengah masyarakat Indonesia yang bertujuan mewujudkan sinergitas antara masyarakat dan pemerintah: penegak hukum yang harmonis, dinamis dan etika berbudaya menuju lingkungan yang damai dan sejahtera.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

GBN telah berafiliasi dengan banyak lembaga pemerintahan diantaranya: Kantor Staf Presiden RI, Kementerian Hukum Dan HAM, BNPB, Lemhanas, TNI, Polri Dan masih banyak lagi.

Perempuan asal Kampung Ormu Kabupaten Jayapura, Papua ini berjuang membantu pemerintah agar akses pendidikan Putra Putri Papua tersedia, agar generasi bangsa di Papua mendapat kesempatan belajar secara merata menuju Indonesia Emas.

"Kendala yang dialami adalah akses dan kontur lahan yang ekstrem sehingga menyulitkan pemerataan pendidikan di Papua. Namun semangat belajar Putra Putri Papua sangatlah tinggi, Bersama kita carikan solusi demi masa depan Papua Dan masa depan generasi bangsa," kata Decy. 

PKBM Bakti Nusa adalah program belajar non formal online menggunakan platform Setara Daring Kemdikbud yang mendukung program Merdeka Belajar Nadiem Makariem. 

 

Pendidikan adalah hak warga negara Indonesia yang tertera di UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 Dan 2, Banyak anak anak usia belajar yang terperangakap dunia usaha atau himpitan keadaan sehingga no other choice mereka mengorbankan pendidikan demi menanggung beban ekonomi keluarga, ada pula yang trauma akibat korban bullying, atau akses ke sekolah yang sulit dan berbahaya.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi meluncurkan program Setara Daring agar pendidikan anak anak tersebut dapat terpenuhi. Modul belajar Dan tugas tugas dapat diakses Tanpa batasan waktu Dan jarak." kata Agung Udiyanto, Ketua PKBM Bakti Nusa.

Bantuan stakeholders sangatlah diperlukan seperti jaringan satelite internet dan komputer atau android agar pendidikan dapat di akses dengan mudah sampai ke pelosok Papua.

PKBM Bakti Nusa siap bersinergi mendukung iniasi Decy untuk pemerataan pendidikan di Papua melalui program Setara Daring Dan Program Sekolah Gratis yang digagas Bersama GBN menjangkau pelosok Papua.

Ikuti tulisan menarik Agung Udiyanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu