x

Iklan

Dina Afriza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2022

Rabu, 2 Maret 2022 18:09 WIB

Tip Jitu Menjadikan Bisnis Onlinemu Nomor 1

Artikel ini dibuat untuk semua orang yang ingin memulai usaha online,disini kalian bisa tahu langkah langkah untuk memulai bisnis online

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hallo calon orang orang pedagang sukses gimana nih kabarnya? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Para calon pedagang sukses pasti tau dong pentingnya memperluas wawasan tentang dunia perdagangan. Tapi buat teman-teman yang belum tau tentang dasar dasar dalam dunia perdagangan, tenang saja dengan membaca artikel di bawah ini kalian telah memasuki langkah awal menuju kesuksesan dalam berdagang.

Sebelum kalian memulai sebuah bisnis kalian harus tahu terlebih dahulu perdagangan apa yang akan kalian ambil. Disini kami merekomendasikan kalian untuk memilih jualan online. Mengapa demikian? Ya, karena di era sekarang ini dagang online merupakan salah satu sistem perdagangan yang sangat banyak diminati oleh kalangan orang banyak. Sebelum mengenal perdagangan online lebih mendalam, kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu jualan online?

Jualan online adalah perdagangan elektronik atau e-jualan dalam bahasa inggris disebut juga electronic commerce atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televise, www atau jaringan computer lainnya. Setelah mengetahui apa itu Jualan online, selanjutnya kita akan mencari tau apa keuntungan dari dangan online tersebut, yuk cari tau.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Buat kalian yang belum tau apa kelebihan atau keuntungan dari jualan online disini kami akan menjelaskan keuntungan dari jualan online. Yang pertma yaitu modal yang diperlukan relatif lebih kecil di banding dengan jualan offline. Selanjutya untuk jangkauan target konsumen perdagangan online dan offline memiliki jangkauan berbeda beda.

Dalam perdagangan offline untuk menjual produk, biasanya konsumen yang butuh produk datang ke toko. Umumnya toko offline hanya bisa melayani konsumen pada daerah tertentu saja. Untuk menarik konsumen, toko offline yang kecil akan membagikan brosur kepada calon konsumen. Berbeda dengan toko online yang strategi pemasarannya menggunakan digital marketing, jadi jangkauan konsumen lebih luas dibanding dengan dagang offline. Bahkan, untuk jualan online ini konsumennya bisa mencapai luar kota atau bahkan luar pulau. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Setelah mengetahui keuntungan dari jualan online selanjutnya kita akan mengenal strategi pemasaran yang digunakan dalam jualan online. Kira-kira strategi pemasaran apa, sih, yang digunakan dalam jualan online?

Strategi pemasaran jualan online yang digunkan untuk mencapai target konsumen pemasaran online dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing) dan social media. Jadi, cakupan untuk memilih pelanggan lebih luas dan lebih spesifik. Setelah mengetahui keuntungan dalam perdagangan online kita akan cari tau bagai mana cara dagangan online, yuk simak bareng bareng.

Nah untuk kalian para pemula yang akan memulai berjualan online kalian langkah awal yang harus kalian lakukan adalah :

1. Menentukan Mau Apa yang Dijual

Sebelum kalian memulai untuk jualan online, anda harus benar-benar mengetahui apa yang akan kalian tawarkan ke konsumen. Menawarkan produk, berarti kalian berjualan barang secara online. Cara jualan online produk ini, dapat kalian lakukan dengan membeli ataupun memproduksi sendiri barang jualan kalian atau bisa juga menggunakan sistem dropship. Tidak hanya berjualan produk fisik, kalian juga bisa berjualan produk digital seperti menjual tiket online, pulsa dan sejenisnya.

 2. Membangun Pondasi Media Sosial

Media social adalah media untuk saling berinteraksi satu sama lain tanpa batasan ruang dan waktu yang dilakukan secara online. Sebagai pedagang atau penjual online kalian menggunakan social media sebagai lapak untuk mempromosikan produk yang kalian tawarkan pada konsumen. Dengan menggunakan media social, produk yang kalian tawarkan akan memiliki jaungkauan yang lebih luas dibandingkan dengan jualan offline yang cenderung hanya dapat melayanni di daerah tersebut. Kalian dapat menggunakan media social seperti facebook, instagram, tweeter, telegram, shoppee, lazada, tokopedia, bukalapak, bahakan e-commarce

3. Membuat Website Pribadi

Yang kita maksud website pribadi disini adalah website pribadi untuk toko online anda. Berikut ini tahapan untuk membuat website toko online 

Pesan Hosting dominan

Menginstal CMS WordPress

Mengganti template wordpress agar menjadi user-friendly

Melakukan setting website

Melakukan setting toko online (mengatur WooCommerce, tambah produk, tambah gambar produk, dan mengatur halaman utama).

Yang terakhir anda hanya perlu mengembangkan toko online yang sudah kalian buat.

Bukan hanya sampai disini saja, untuk memulai jualan online kalian perlu memiliki pengalaman serta wawasan yang lebih luas agar jualan online yang kalian tetap dan terus berkembang. Untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas kalian bisa mendapatkannya dengan mingikuti Kursus dagang online terbaik atau anda juga dapat mengikuti kursus jualan online gratis yang ada di beberapa tempat.

Ketika kalian mengikuti atau bergabung ke dalam kursus dagang online, disana kalian akan mendapat pengalaman dan wawasan yang luas tentang bagaimana menjalankan dangan online strategi strategi dagang online tentunya dengan bimbingan dan pelayanan yang sangat baik, sehingga anda siap memulai dan melakukan dagang online.

Yuk, mulai dagang online, masa depan cerah menunggumu!

Ikuti tulisan menarik Dina Afriza lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler