x

Tenaga pengajar tersebut, bernama pak Hasan dan pak Husin yang mengabdi kepada masyarakat untuk mencerdaskan anak-anak di sekolah kelas jauh Mulyasari.

Iklan

dudung solahudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 November 2021

Selasa, 8 Maret 2022 19:26 WIB

Pendidikan Dasar di Tengah Gunung Panca Niti

13 Mahasiswa KKN Social Youth Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia yang terdiri dari 6 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta 7 Mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memilih untuk mengabdikan diri dengan mengajar di kampong Mulyasari, Desa Sukamulya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jawa Barat – KKN Social Youth, Kesenjangan pendidikan di Indonesia menjadi permasalahan klasik yang masih terasa hingga saat ini. Sebagai mahasiswa bentuk pengabdian masyarakat menjadi salah satu pionir terpenting untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia.

13 mahasiswa KKN Social Youth Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia yang terdiri dari 6 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta 7 mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memilih untuk mengabdikan diri dengan mengajar di Kampung Mulyasari, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Kampung yang terletak dikawasan perbukitan cukup tinggi serta diapit oleh beberapa kawasan gunung dan hutan sehingga masyarakat kampong Mulyasari belum banyak menerima dan merasakan dunia pendidikan layaknya pendidikan formal pada umumnya.

Salah satu yang menjadi penopang pendidikan di kampung Mulyasari yaitu dengan didirikannya sekolah tingkat dasar dengan sistem kelas jarak jauh pada tahun 2017 yang menginduk kepada SDN Sukamulya 2. Dan telah berjalan selama 5 tahun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sekolah kelas jarak jauh ini didirikan atas inisiatif warga demi anak-anak yang ingin merasakan pendidikan di sekolah dasar. Kelas jarak jauh tersebut terdiri dari kelas 1 sampai dengan kelas 5 SD dengan jumlah siswa  47 Siswa yang berasal dari kampung Mulyasari dan kampong Gunung Sanggar.

Untuk tenaga pengajar, sekolah kelas jarak jauh Sukamulya 2 memiliki dua orang tenaga pengajar yang memberikan materi setiap hari kepada siswa.

Tenaga pengajar tersebut, bernama Pak Hasan dan Pak Husin yang mengabdi kepada masyarakat untuk mencerdaskan anak-anak di sekolah kelas jauh Mulyasari.

Pak Husin bercerita bahwa dalam proses pembelajaran di kelas jarak jauh tidak menggunakan kurikulum yang seharusnya. Maka dari itu mahasiswa KKN Social Youth mengikuti system pembelajaran yang ada, namun membuat suasana kelas lebih menyenangkan agar para siswa dapat nyaman dalam proses belajar mengajar.

Sekolah kelas jarak jauh Mulyasari ini menjadi perhatian bagi dunia pendidikan di Indonesia lantaran banyaknya kekurangan dalam fasilitas diantaranya adalah ruang kelas sehingga membuat mahasiswa KKN Social Youth mensiasati kegiatan belajar mengajar untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tingkat dasar pada siswa.

Dalam jam pembelajaran, siswa kelas jarak jauh Mulyasari mulai belajar dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan materi yang diberikan berupa mata pelajaran seperti IPA, IPS, dan Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, serta Pendidikan Agama Islam.

“Walaupun memiliki ruangan yang terbatas, namun anak-anak disini memiliki semangat belajar yang tinggi,“ ucap Pak Husin.

KKN Social Youth mengoptimalkan system pembelajaran ditengah keterbatasan yang ada agar dapat membangun pendidikan secara intelektual maupun sosial agar kedepannya anak-anak di kampong Mulyasari dan sekitarnya memiliki masa depan yang cerah serta mampu membangun wilayahnya.

 

 

Ikuti tulisan menarik dudung solahudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB