x

Ilustrasi Anas. Annie Spratt dari Pixabay

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Rabu, 9 Maret 2022 19:57 WIB

Hubungan Misterius

Kadang kita merasa nyambung, merasa ada ikatan emosional dengan sebuah tempat. Kita merasa akrab dan tidak asing dengan tempat tersebut. Sedangkan kita belum pernah ke sana. Artikel ini mengulas fenomena hubungan misterius antara manusia dengan tempat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hubungan Misterius

Bambang Udoyono

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sometimes a man hits upon a place to which he mysteriously feels that he belongs (Sommerset Maugham) Kadang kadang seseorang sampai ke sebuah tempat di mana dia secara misterius merasakan bahwa  dia berhubungan dengan tempat itu. Itulah terjemahan bebas quote dari Sommerset Maugham,  seorang penulis kondang dari Inggris.

Pernahkah Anda sampai di sebuah tempat lalu Anda merasa pernah di sana?  Mendadak Anda merasa akrab dengan tempat itu.  Seolah baru kemarin berada di sana.  Anda merasa enggan pergi dari sana.  Sedangkan Anda yakin betul bahwa itulah pertama kali Anda ke sana.  Agaknya Sommerset Maugham pernah merasakannya sehingga dia menulis quote tersebut di atas.

Saya sering merasa seperti itu.  Perasaan itu sangat misterius.  Saya tidak bisa menerangkan mengapa saya merasa akrab, merasa nyambung dengan sebuah tempat.  Kadang perasaan itu sangat tepat.  Saya merasa setelah tikungan di depan itu ada gang lalu di ujung gang ada rumah dengan bentuk tertentu.  Ketika dugaan itu benar saya kaget sendiri.  Entah dari mana datangnya gagasan itu.

Berbagai tafsiran muncul atas fenomena itu.  Ada yang mengatakan bahwa dalam kehidupan sebelumnya kita pernah tinggal atau berkunjung ke situ.  Ada orang mengatakan bahwa roh kita ketika tidur berjalan jalan sampai ke situ.  Walahualam.  Ada lagi pendapat bahwa bumi ini memiliki getaran yang berbeda beda. Ada tempat tertentu yang getarannya klop dengan getaran kita.  Maka kita merasa nyaman, aman dan sangat menikmati berada di tempat tersebut.  Seolah kita ingin tinggal di sana seterusnya.  Jadi ternyata hubungan dengan alam juga bisa menimbulkan rasa indah tiada tara.  Manusia dengan bumi dan alam semesta bisa memiliki hubungan emosional  yang mengindahkan hidup ini.

Hubungan misterius itu salah satu faktor yang memotivasi orang untuk berkelana ke berbagai punjuru dunia.  Perasaaan indah tiada tara seperti itulah salah satu daya tarik wisata.  Tidak heran di seluruh dunia ini jutaan orang wisatawan berkelana di berbagai penjuru bumi.   Keindahan seperti itu nilainya jauh melebihi uang. Ia tidak bisa dinilai dengan uang.

Saya sendiri sebenarnya meyakini kalau manusia dan alam memiliki getaran.  Ketika getaran keduanya klop maka terciptalah hubungan emosional.   Kita merasa nyaman dan aman di suatu tempat tertentu.  Tapi susah sekali membuktikan dugaan saya ini.  Saya hanya bisa merasakannya.  Kalau Anda memiliki jawabannya monggo sampaikan.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB