x

Iklan

nur annisa hamid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 21 Maret 2022 06:24 WIB

Kerjasama ITDC dan Telkom Sediakan Jaringan Internet Stabil di Perhelatan MotoGP Mandalika

dalam mengadakan event olahraga banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari tempat, transportasi, akomodasi dan akses internet stabil. perhelatan motoGP di Mandalika menjadi ajang internasional pertama diadakan tahun ini untuk itu ITDC dan Telkom sediakan jaringan internet stabil supaya acara berjalan lancar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jaringan internet stabil sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat Indonesia. Bahkan pengguna internet mencapai 202,35 juta atau 76,8% dari jumlah penduduk. Berarti dari anak-anak sampai dewasa sudah mendapatkan akses internet untuk berbagai aktivitas mulai dari belajar, bekerja, membuat konten dan menonton hiburan. 


Ditambah saat pandemi aktivitas sebagian besar dilakukan dari rumah maka pemakaian internet pun terus bertambah. Pemerintah tidak tinggal diam melihat pentingnya teknologi informasi pembangunan infrastruktur internet di 12.548 desa terus dikebut supaya semua wilayah memiliki sinyal yang stabil. 


Beberapa operator seluler pun sudah merilis jaringan 5G di pertengahan tahun 2021. Tahun 2022 Indonesia  mendapat kehormatan menjadi tuan rumah event internasional mulai dari konferensi G20, MotoGP Mandalika dan Indonesia Open. Event ini tentu menjadi kesempatan untuk pemerintah Indonesia mempromosikan pariwisata dan budaya serta menggerakkan perekonomian masyarakat. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Supaya event tersebut berjalan lancar tentu harus dipersiapkan dengan matang mulai dari tempat acara, akses transportasi, akomodasi, medis sampai akses internet. Akses internet sangat penting karena akan digunakan banyak orang mulai dari panitia, atlet, pembicara dan media. 


Khusus untuk event olahraga internasional seperti MotoGP Mandalika ini adalah event besar yang ditunggu setelah 25 tahun silam yang akan dihadiri 200 lebih wartawan dalam dan luar negeri. Tentu akses internet cepat akan dibutuhkan untuk memberikan informasi terupdate terkait balap motor ini. Masyarakat yang menonton juga akan memakai internet karena saat ini banyak aplikasi streaming yang menyiarkan MotoGP. Karenanya, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menggandeng Telkom selaku mitra. 


Guna menjamin keandalan layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian rehearsal test atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 16 Maret 2022. Rangkaian kegiatan itu diawali dengan kunjungan Komisaris Telkom Indonesia Arya Mahendra Sinulingga, dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah. Ikut mendampingi Direktur Network and IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara serta Direktur ITDC Utilitas Hari Wibisono. 


Selain jaringan, pada rehearsal test pun dilakukan uji coba seluruh layanan Telkom Group yang tersedia di event tersebut. Simulasi dilakukan di beberapa titik kritis diantaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi. Selain itu, mengingat keragaman layanan yang ada meliputi layanan Telkomsel, data, dan internet, hingga WiFi, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau last-mile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan team official MotoGP.

 


Untuk penyelenggaraan MotoGP, Telkom Group menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga mengcover jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920Mbps serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6Gbps yang tersebar untuk  6 area di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area  tribune untuk spectator.

Sebagai fungsi monitoring, Telkom Group menyiapkan sejumlah 4 Posko 24/7 yang berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika untuk memonitor infrastruktur transportasi dan elemen network ICT services Telkom Group. Selain itu, ratusan personel pun disiapkan untuk pengamanan seluruh alat  produksi agar selalu dalam keadaan baik. Posko tersebut dilengkapi dengan Mini Network  Operation Center atau Mini NOC yang terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.

Selain rehearsal test, Telkom Group juga melaksanakan Apel Kesiapan Kerja untuk seluruh personil yang bertugas mengamankan dan menyukseskan infrastruktur pada gelaran MotoGP di Mandalika Sirkuit. Persiapan dan uji coba yang dilakukan Telkom kemarin membuahkan hasil yang optimal dimana saat kualifikasi siaran MotoGP berjalan lancar baik di televisi maupun di aplikasi layanan streaming. Masyarakat yang di sekitar Mandalika pun puas karena jaringan internet stabil. 

Berdasarkan pengalaman jika menonton olahraga dengan streaming akan lebih puas jika memakai Wifi Cepat sehingga bisa merasakan ketegangan dan kebahagiaan walaupun hanya menonton dari rumah. Wifi Cepat bisa didapatkan tentunya dengan IndiHome Internet Stabil yang melayani puluhan juta pelanggan di berbagai kota di Indonesia. 

Semoga acara MotoGP Mandalika nanti sore berjalan lancar dan Indonesia bisa mendapatkan reputasi positif dari atlet mancanegara salah satunya berkat kesiapan teknologi informasi komunikasi dari Telkom. 

 

Ikuti tulisan menarik nur annisa hamid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu