5 Momen Ridwan Kamil dan Keluarga Mencari hingga Akhirnya Melepaskan Eril, Sebatang Kayu Jadi Saksi - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Bagus Agastya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juni 2022

Selasa, 7 Juni 2022 07:53 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 5 Momen Ridwan Kamil dan Keluarga Mencari hingga Akhirnya Melepaskan Eril, Sebatang Kayu Jadi Saksi

    5 Momen Ridwan Kamil dan Keluarga Mencari hingga Akhirnya Melepaskan Eril, Sebatang Kayu Jadi Saksi

    Dibaca : 781 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    editor: Owi CH

    Berita-Indoya - Bandung berduka, sendu di kota kembang usai kabar kematian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Emmeril Kahn Mumtadz dinyatakan telah meninggal dunia usai terseret arus di sungai Aere, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022.

    Sudah lebih dari satu minggu keberadaan Eril masih belum diketahui, hingga Ridwan Kamil dan keluarga mengikhlaskan kepergian sang putra. Bukan keputusan yang mudah bagi Ridwan Kamil meyakini dan menetapkan Eril sudah tiada, dengan adanya dukungan serta konsultasi dengan ulama, kabar duka pun ia sampaikan.

    Meski kini Eril telah dinyatakan meninggal dunia, pihak keluarga masih akan terus mencari jasad putra sulung Ridwan Kamil dan Atalia itu. Pencarian Eril dilakukan hingga waktu yang tidak ditetapkan, banyak momen dan usaha yang dilakukan Ridwan Kamil serta keluarga sebelum akhirnya kembali ke Indonesia.

    Dirangkum Pikiran-Rakyat.com, inilah 5 momen mengharukan seorang ayah mencari anaknya di sungai Aere, Swiss.

     

    1. Pencarian Eril di Sungai Aere

    Tak hanya Tim SAR Swiss saja yang mencari keberadaan Eril di Sungai Aere, Ridwan Kamil dan sang istri pun ikut terjun langsung dalam pencarian. Senin, 31 Mei 2022, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya melakukan penelusuran di bantaran sungai Aere.

    Di sisi lain pihak Kepolisian Maritim, Bern, Swiss memfokuskan pencarian Eril di antara dua pintu air. Berbagai komunitas juga diturunkan untuk mencari putra sulung Ridwan Kamil itu.

    2. Momen Ridwan Kamil Susuri Sungai dengan Sebatang Kayu.

    Belum lama ini, sebuah video beredar di jagat maya memperlihatkan sosok Ridwan Kamil yang tengah menyusuri sungai sendirian sebelum pulang ke tanah air. Ridwan Kamil terlihat membawa kayu seadanya saat masuk ke dalam sungai, hingga kedalaman air setinggi perutnya.

    Ia menyusuri bebatuan berharap Eril berada di sana, terlihat Ridwan Kamil memandangi sekeliling sungai Aere. Momen haru itu diunggah oleh sang istri, Atalia mengungkapkan perjuangan Ridwan Kamil mencari Eril.

    "Ini yang dilakukan ayahmu setiap hari, Ril..," ucapnya.

    3. Ridwan Kamil Latunkan Adzan di Tepi Sungai Aere

    Sebelum pulang ke Indonesia, sebuah video terunggah memperlihatkan sosok Ridwan Kamil yang sedang berdiri di tepi sungai. Tampak dalam video yang beredar, Ridwan Kamil tengah melantunkan Adzan di tepi sungai Aere, berharap Eril bisa mendengarnya.

    Sambil memegang telinga kanan, Ridwan Kamil khusyuk mengumandangkan Adzan. "Upaya terakhir pencarian sebelum Ridwan Kamil pulang ke Indonesia," kata keterangan video yang dibagikan akun Twitter @Sobat_RK.

    Dalam keterangan di video tersebut juga tertulis harapan Eril dapat mendengar adzan yang dilantunkan Ridwan Kamil seperti saat ia baru dilahirkan ke dunia.

    'Lantunan adzan seorang ayah, semoga sampai, didengar oleh sang anak seperti saat dulu dilahirkan'.

    4. Ridwan Kamil Memimpin Salat Ghaib di Tepi Sungai Aere

    Sebelum bertolak ke Tanah Air, Ridwan Kamil dan keluarga ternyata sempat melaksanakan salat ghaib untuk Eril.

    Usai menyatakan keikhlasan melepas Eril dan menyampaikan putra sulungnya itu meninggal dunia, Ridwan Kamil dan keluarga melakukan salat Ghaib sebagai penanda perpisahan.

    Melalui sebuah potret yang beredar, terlihat Ridwan Kamil menjadi imam shalar Ghaib di tepi sungai Aere. Terlihat orang nomor satu di Jawa Barat itu sedang melakukan takbir dengan diikuti sejumlah keluarga.

    5. Kalung Bertuliskan Nama Eril dan Bunga Mawar

    Tepat sebelum kepulangannya ke Indonesia, Ridwan Kamil dan keluarga menyempatkan berpamitan dengan Eril di tepi sungai Aere.

    Ridwan Kamil, Atalia dan Zara terlihat mengunjungi sungai Aere, berpamitan dengan menghanyutkan sau tangkai bunga mawar berwarna merah muda.

    Ridwan Kamil dan Zara terlihat tertunduk melihat ke arah air, sementara Atalia Pratatya tampak berdiri sambil memegang pundak suaminya.

    Tak hanya itu, untuk mengenang kepergian Eril, Ridwan Kamil dan keluarga mengalungkan tanda nama Emmeril Kahn Mumtadz pada pohon di tepi sungai Aere.

    Bertuliskan 'In Loving Memory of Emmeril Kahn Mumtadz, Born 25 Juni 1999, Passed 26 May 2022'.

    Ikuti tulisan menarik Bagus Agastya lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.