x

Iklan

KKNUMD 06

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2022

Selasa, 14 Juni 2022 17:41 WIB

Mahasiswa KKN Unej Gelar Penyuluhan dan Pembuatan Pupuk Organik Bersama Pemilik CV. Karomah Tani


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKN Universitas Jember bersama Pemerintah Desa Sidomukti, Karang Taruna, dan Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pembuatan mengenai pupuk organik, Rabu (08/06/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Balai Desa Sidomukti dengan dihadiri 25 peserta dan Dosen Pembimbing Lapang KKN dengan pemateri yaitu Fasilitator tanaman organik dan owner CV.Karomah Tani Bapak Ahmad Mursyid Rois.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Desa Sidomukti Sunardi Hadi Prayitno dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa KKN Universitas Jember atas terselenggaranya kegiatan tersebut. "Semoga dengan adanya acaranya ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat desa Sidomukti Hingga Masyarakat Desa sadar akan potensi desa mengenai pembuatan pupuk organik ini," katanya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian materi sekilas dan kemudian dilakukan praktek langsung. Bapak Mursyid menjelaskan, ”Penyampaian materi singkat saja, tidak usah terlalu lama karena apa yang saya sampaikan Ketika tidak ada praktek langsung maka pemahaman tentang kegiatan ini akan lebih sedikit,” ucapnya. Pembuatan pupuk organik dilakukan setelah penyampaian singkat oleh pemateri.

 

Praktik pembuatan pupuk diawali oleh bapak mursyid dan kemudian peserta disuruh menyoba satu persatu. Pada kegiatan ini diajarkan bagaimana cara mudah membuat granule pada pupuk tanpa menggunakan alat dan mesin granule. Acara di tutup dengan tanya jawab dan ramah tamah. 

Diharapkan melalui kegiatan ini tumbuhnya kesadaran dan kemauan masyarakat untuk mengembangkan pupuk organik dari kotoran ternak dan seresah tanaman. Selain itu, terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya penggunaan pupuk organik dan terciptanya kemauan masyrakat untuk menekuni proses produksi pupuk organik.

 

Ikuti tulisan menarik KKNUMD 06 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu