x

Iklan

KKNUMD 06

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 April 2022

Selasa, 14 Juni 2022 17:33 WIB

Mahasiswa KKN Unej Bantu Persiapkan Tempat Penampungan dan Pengeringan Kotoran Ternak Sapi


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa KKN Universitas Jember bersama peternak Mukti Farm mempersiapkan tempat penampungan dan pengeringan kotoran ternak sapi pada Jumat (13/05/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan peternakan Mukti Farm Dusun Ledok Desa Sidomukti.

Dalam kegiatan ini, tempat yang digunakan untuk lokasi penampungan dan pengeringan kotoran sapi adalah milik Mas Dimas selaku pemilik Mukti Farm. Pembuatan tempat penampungan dan pengeringan kotoran sapi ini bertujuan untuk mempermudah dalam pengadaan bahan baku pupuk organic. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang terjadi pada sekitar kendang yaitu bau yang tidak sedap akibat tumpukan kotoran sapi yang dibiarkan begitu saja.

Mahasiswa KKN membantu dalam proses pencangkulan untuk pembuangan air Ketika lokasi tersebut terkena hujan. Desa Sidomukti yang termasuk wilayah dataran tinggi sering kali hujan. Maka dari itu, pentingnya membuat saluran untuk membuang air yang ada dilokasi. Yanto selaku penanggung jawab menjelaskan, “Pembuatan tempat ini nantinya akan mempermudah dalam proses pengeringan karena Ketika kotoran hanya dikumpulkan di lahan terbuka, air hujan akan menghambat proses pengeringan,” ujarnya.  Mas Dimas juga menambahkan, “Pembuatan tempat pembuangan dan pengeringan kotoran ternak seperti ini nantinya bisa diterapkan ke para peternak yang ada di Desa Sidomuktim,” tuturnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh karena itu, diharapkan melalui kegiatan ini sanitasi lingkungan dalam pengelolaan kotoran ternak sapi dapat terlaksana dengan baik agar nantinya tidak menimbulkan permasalahan yang berkelanjutan.

Ikuti tulisan menarik KKNUMD 06 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu